News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Panwascam Bumiaji Lantik dan Beri Pembekalan 9 PKD Pilkada 2024

Panwascam Bumiaji Lantik dan Beri Pembekalan 9 PKD Pilkada 2024

Kota Batu www.pintubatu.com -   Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) Bumiaji Kota Batu melantik Pengawas Pemilihan Kelurahan Desa (PKD) di 9 Desa se Kecamatan Bumiaji, Sabtu (1/6/2024) bertempat di Hotel Selecta, Jl. Raya Selecta Desa Tulungrejo. 
Dihadiri oleh Forkompimcam, Kepala Desa Se Kecamatan Bumiaji, Pimpinan Bawaslu Kota Batu, Sekretariat Bawaslu Kota Batu, PPK Bumiaji, Ketua PPS se Kecamatan Bumiaji, Kasatgas Linmas Se Kecamatan Bumiaji, Ketua Karang Taruna Kecamatan Bumiaji, Ketua Forum Komunikasi Ummat Beragama(FKUB) Kecamatan Bumiaji, Pimpinan Panwascam beserta Sekretariat Panwascam. 
Acara dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Penetapan 9 PKD terpilih Se Kecamatan Bumiaji oleh Kepala Sekretariat Panwascam Bumiaji  Ahmad Kusni, S. Pdi. Untuk pelantikan dan pengambilan sumpah/janji PKD terpilih dilakukan oleh Ketua Panwascam Bumiaji Akhsanul Khitam. Pembacaan Pakta Integritas oleh Iin Novianti PKD Punten. Lalu dilakukan penandatanganan berita acara sumpah/janji oleh 9 PKD terpilih bersama-sama Ketua Panwascam Bumiaji didampingi rohaniwan. 
Koordinator Divisi Hukum Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu, Yogi Eka Chalid Farobi, S. Sos dalam sambutannya berharap PKD yang jumlahnya setiap desa 1 orang setelah dilantik langsung bekerja. 
"Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) atau disebut Pemilihan yang akan dilaksanakan tgl 27 November 2024. Tugas Pengawas Pemilu pada intinya bagaimana proses-proses tahapan berjalan sesuai peraturan perundang-undangan. Entah itu Peraturan KPU maupun Peraturan Bawaslu, "tutur Yogi. 
"Prinsipnya saya berpesan kepada PKD Manuk Glatik cucuk e dowo mari dilantik kudu kerja (burung Glatik moncongnya panjang, habis dilantik harus bekerja - red). Karena tahapannya sudah berjalan. Saya berpesan jaga integritas, sebagaimana tadi yang dibacakan pakta integritas yang merupakan janji, " tambahnya. 
Pembekalan PKD dengan Narasumber Anggota KPU Kota Batu Tommi Rusdiantoro menyampaikan materi Tahapan Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota. Sedangkan Rizal Fachrudin anggota KPU Kota Batu dengan materi Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Tahun 2014.
Ketua Bawaslu Kota Batu Supriyanto S. Pd yang hadir Sabtu malam (1/6/2024) pada sesi pembekalan pada PKD menyampaikan, "Ada permasalahan apapun PKD agar segera berkoordinasi dengan Panwascam. Setiap hari PKD agar membuat Laporan Hasil Pengawasan atau Form A yang dilengkapi dengan foto. Form A sebagai bukti bahwa PKD sudah bekerja. Minimal setiap hari PKD membuat Form A."
 
"Semua Form A, saran perbaikan nanti akan dimasukkan kedalam rumah data. Karena kerja-kerjanya Bawaslu adalah Pengawasan. Selain koordinasi internal dengan Panwascam, diharapkan PKD sering berkoordinasi dengan PPS, "pungkasnya. (Erwin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment