News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Suhermawan Berharap Banjir Bandang Tidak Akan Terulang Kembali Di Kota Batu

Suhermawan Berharap Banjir Bandang Tidak Akan Terulang Kembali Di Kota Batu


Kota Batu Jawa Timur –  Banjir bandang yang telah melanda Kota Batu Kamis, (4/11/2021) yang lalu masih menyisakan kenangan  duka yang menyedihkan. Sebagaimana dialami oleh pedagang sayur mayur Suhermawan (36) lelaki mantan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bulukerto yang tinggal di RT 4 RW 2 Dusun Keliran Desa Bulukerto Kecamatan Bumiaji Kota Batu sebagaimana disampaikan lewat sambungan selulernya pada Selasa pagi (9/11/2021).

 Suhermawan menceritakan, “Saat bencana akan terjadi saya baru pulang dari rumah saudara menghadiri hajatan di daerah Kasembon Kabupaten Malang. Dalam perjalanan pulang saat  melewati Ngantang, Pujon hingga Kota Batu sedang turun hujan sangat deras. Pukul 14.30  mobil yang saya naiki sampai Gang Gemulo kondisi masih belum turun hujan. Setelah itu perjalanan masuk Dusun Keliran Desa Bulukerto langsung turun hujan sangat deras. Sampai rumah menurunkan penumpang 8 orang keluarga saya, hujan turun semakin deras.  Setelah berteduh selama 30 menit melihat  kabel listrik   yang bergoyang saya kira telah terjadi gempa. Tidak beberapa lama mendengarkan suara tetangga teriak-teriak katanya ada banjir bandang di jembatan Belik yang jaraknya dari  jembatan Belik ke rumah saya kurang lebih 300 meter. Setelah itu saya mengambil jas hujan dan keluar menuju jembatan Belik yang terletak  antara Dusun Keliran dan Dusun Gemulo. Saya ketemu  banyak orang dan mereka berteriak-teriak kalau rumahnya Pak Riyanto (50)  telah hanyut terbawa banjir bandang.”

“Tetangga saya Riyanto RT 04 RW 02 yang baru saja pulang setelah mencari rumput menyaksikan banjir  bandang  yang akan menuju kerumahnya.  Orangnya berkejar-kejaran dengan banjir bandang yang dia perkirakan akan menerjang rumahnya. Sepeda motornya dikendarai dengan kecepatan tinggi dipacunya kecang-kencang sambil meneriaki anak istrinya agar segera keluar rumah. Atas kuasa Allah  Riyanto juga  berhasil  menyelamatkan anak istrinya, dan tetangganya bernama   Rudiman serta istrinya. Dia juga sempat nekat masuk ke rumahnya sebelum hanyut untuk mengambil simpanan uangnya. Setelah itu  Riyanto, bersama Herbi dan Adi juga  berhasil menyelamatkan warga Dusun Sambong Desa Bulukerto yang tuna wicara, hanyut dipojok rumahnya  Jamari. Mereka berhasil menyelamatkan seorang lelaki yang tuna wicara  yang videonya langsung viral di media sosial. Semoga kejadian banjir bandang seperti ini tidak akan terulang kembali di masa mendatang di Kota Batu, “tutur Suhermawan mengakhiri ceritanya. (Erwin)





Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment