News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Bawaslu Kota Batu Lakukan Supervisi, Tes Wawancara Calon PKD Pilkada 2024

Bawaslu Kota Batu Lakukan Supervisi, Tes Wawancara Calon PKD Pilkada 2024


Kota Batu www.pintubatu.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu melakukan supervisi pelaksanaan tes wawancara Calon Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), di Kecamatan Bumiaji, Kecamatan Batu dan Kecamatan Junrejo Kota Batu pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota Selasa, (28/5/2024). 

Proses wawancara tersebut dilakukan oleh masing-masing Panwaslu Kecamatan (Panwascam). Untuk Kecamatan Bumiaji dilaksanakan di Hotel Purnama Punten, Kecamatan Junrejo di Best Desa Beji dan Kecamatan Batu dilaksanakan di Gedung Balai Desa Pesanggrahan.


Ketua Bawaslu Kota Batu, Supriyanto, S.Pd mengatakan, wawancara merupakan salah satu penentu, lolos atau tidaknya calon Panwaslu Kelurahan/Desa yang mengikuti seleksi tersebut. 

"Terdapat dua tahapan tes yang harus dilalui oleh Panwaslu Kelurahan/Desa, yakni seleksi administrasi dan wawancara. Tes wawancara ini sangat penting untuk menggali kemampuan calon PKD terkait pemahaman wawasan kewilayahan dan pemahaman dinamika kepemiluan di desa/kelurahan masing - masing," jelasnya.  


“Panwascam se - Kota Batu diharapkan selektif dalam menentukan nama-nama calon terpilih, sebab keberhasilan pengawasan Pilkada (Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota-red), akan ditentukan oleh seluruh lapisan pengawas lintas struktural, tak terkecuali PKD, “tambah Supri.


"Setiap Kelurahan/Desa kita hanya membutuhkan 1orang Pengawas Kelurahan/Desa. Kami harap yang terpilih nantinya mampu bekerja dengan baik, serta mampu menerjemahkan instruksi pengawasan dan  tugas - tugas secara umum di tingkat Desa/Kelurahan, pungkas." (L. Kamaluddin)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment