News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pj Gubernur Jatim Gerak Cepat, Atasi Banjir Di Madura

Pj Gubernur Jatim Gerak Cepat, Atasi Banjir Di Madura

Bangkalan www.pintubatu.com - Akibat curah hujan yang tinggi beberapa hari lalu, terjadi luapan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Blega Bangkalan pada Selasa (12/3/2024). Tercatat dua Kecamatan yaitu, Blega dan Arosbaya terbenam dengan ketinggian mulai 30 s.d 100 cm.
Pada Rabu pagi (13/3/2024),  Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono pun langsung mengunjungi lokasi kejadian dan melakukan upaya penanganan. Salah satunya, dengan menghadirkan mesin pompa berkapasitas 250 liter/detik dan menyerahkan bantuan untuk keperluan dapur umum.

Turut mendampingi, Pj. Bupati Bangkalan Arief M Edie, Forkopimda setempat, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto, dan sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim.
Sebagai respon cepat, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono turun langsung meninjau kondisi terkini warga terdampak banjir. la menegaskan bahwa DAS Blega akan segera dilakukan normalisasi.

"Kami juga akan segera melakukan normalisasi DAS Blega karena ada kekhususan untuk tipe sungainya. Ada pecahan sungai, lalu menyatu lagi. Nah ini akan segera di normalisasi oleh Dinas PU SDA Provinsi Jatim," ujarnya.
Dalam peninjauan ini, Pj Gubernur mengendarai perahu karet, meninjau pemukiman di kawasan tersebut yang masih tergenang banjir selutut orang dewasa.

Selain menyapa dan membagikan nasi bungkus, Pj Gubernur Jatim juga mengecek mobil pompa yang dioperasikan untuk mengurai banjir dia mengatakan, khusus wilayah Blega, telah dikerahkan satu unit mobil pompa untuk mengalihkan genangan yang ada.
"Pompa sudah on semua termasuk banjir yang ada di Pasuruan dan Mojokerto. Dari Pasuruan kita pindahkan ke sini sampai nanti surut," ucapnya.

Selain itu, evakuasi masyarakat rentan utamanya lansia juga telah dilakukan. la pun memastikan masyarakat rentan dan terdampak tidak diperkenankan kembali ke rumahnya masing-masing, sampai air benar-benar surut.

Pj Gubernur juga mengunjungi lokasi dapur umum di SMA Negeri 1 Blega Bangkalan. Pada kesempatan ini, ia juga menyerahkan bantuan logistik dapur umum, berupa, beras 1.000 kg, minyak goreng 144 liter, paket siap saji 720 kaleng, paket lauk pauk 1.200 kaleng, air mineral 50 karton dan terpal 5 lembar.
Tidak hanya itu, Adhy juga memastikan kebutuhan logistik masyarakat terdampak banjir terpenuhi. Mulai dari kebutuhan dasar hingga kebutuhan penting selama bulan Ramadhan.

"Baik sahur dan buka puasa, atau bagi yang tidak berpuasa, jika di tengah-tengah ada yang membutuhkan, kita pastikan tercukupi. Kalau memang bisa dan memungkinkan, bisa langsung datang ke Dapur Umum di SMA Negeri 1 Blega," ujarnya. 
Selanjutnya, Pj. Gubernur Adhy Karyono juga berkesempatan mengunjungi Ponpes Salafiyah Sa'idiyah di Kec. Arosbaya, Bangkalan. Kunjungan ini untuk memastikan bahwa kondisi pondok sudah tertangani pasca terdampak banjir. (Erwin) 





Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment