News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kunjungi TPS3R Di RW 7 Glonggong Kelurahan Temas Pj Walikota Batu: Semoga Menginspirasi RW Lainnya

Kunjungi TPS3R Di RW 7 Glonggong Kelurahan Temas Pj Walikota Batu: Semoga Menginspirasi RW Lainnya

Kota Batu www.pintubatu.com - Inovasi dan kreativitas masyarakat terus bermunculan untuk mengatasi permasalahan sampah. Kali ini muncul dari Warga di RW 7 Lingkungan Glonggong Kelurahan Temas Kota Batu. Warga membangun TPS3R secara mandiri untuk mengatasi permasalahan sampah di lingkungan.

Saat mengunjungi lokasi TPS3R RW 7 Temas Sabtu (7/10/2023), Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai tampak senang dan sangat mengapresiasi dengan kreativitas warga yang tergabung dalam Tim Sadar Sampah. Terutama pembangunan TPS3R ini, dilakukan secara mandiri oleh warga dan dibantu Kelurahan Temas dirilis dari prokopim_kwb.
"Kita bangga dan mengapresiasi dengan dibangunnya TPS3R RW 7 Glonggong Kelurahan Temas ini, karena secara mandiri berinovasi mencari solusi mengatasi sampah. Inilah yang kita harapkan, munculnya beragam inovasi dan kreativitas masyarakat dalam mengelola sampah, karena sampah bukan lagi sebagai masalah tetapi sebagai sumber perekonomian," terang Pj Walikota Batu.

Pembangunan TPS3R ini, juga bertujuan untuk mengatasi permasalahan sampah agar masyarakat tidak membuang sampah di tepi jalan dan ke sungai. Terutama dengan jumlah penduduk Kelurahan Temas merupakan tertinggi di Kota Batu, maka dampak yang ditimbulkan sangat besar apabila masyarakat tidak menyadari pentingnya pemilahan dan pengelolaan sampah.

Pj Walikota Aries juga mengapresiasi semangat warga membangun TPS3R sebagai bagian dari kecintaan kepada Kota Batu sebagai Kota Wisata, sehingga lingkungan harus tetap bersih rapi dan indah. "Saya sangat senang dengan semangat warga yang sangat menginspirasi untuk menjaga Kota Batu sebagai kota pariwisata agar bersih rapi dan indah. Semoga menjadi contoh dan menginspirasi bagi RW lain di Kota Batu. Jika bukan kita yang menjaga kota ini, maka siapa lagi," tuturnya.
Ditambahkan Aries, kedatangannya karena mendengar keuletan warga yang begitu sangat luar biasa mengantisipasi terkait sampah yang ada di lingkungan RW 7 Glonggong yang harus membutuhkan perhatian cepat karena jumlah warganya sekitar 600 kk tentunya membutuhkan perhatian khusus disetiap harinya untuk diambil sampahnya. Aries tertarik karena semua dikelola secara mandiri di TPS3R RW 7 mulai dari pengambilan sampah rumah tangga dari sore hari sampai dengan malam hari, dan esok harinya sampah di proses oleh 2 orang petugas yang ada di TPS3R yaitu dipisah dan dicek kembali sampah yang sudah dipilah oleh warga dari rumah untuk memastikan semua sudah benar, ada yang sampah basah atau sampah sisa makanan yang langsung disendirikan untuk makanan ternak dan ada sampah anorganik baik itu sampah plastik dan lain sebagainya.

Bahkan sampah yang tidak bisa diurai sudah disiapkan mesin incinerator buatan produk lokal warga RW 7 yang sangat praktis dan juga ramah lingkungan dan menjadi inovasi yang bagus dari warga RW 7 Kelurahan Temas.
Pengambilan sampah warga dilakukan setiap hari mulai jam 18.00 sd 20.00 dan dikirim ke TPS3R dan esok harinya diproses oleh 2 orang petugas sampai sore hari dan sore hari sudah bersih kembali. Sampah yang ada di TPS3R hanya tersisa sampah plastik dan botol plastik yang bernilai ekonomis.

Harapan dari warga RW 7 agar jangan ada lagi yang membuang sampah disembarang tempat apalagi oknum yang sengaja membuang sampah di wilayah RW 7. Sangat miris melihat orang yang kurang peduli dengan kebersihan lingkungan di Kota Wisata Batu ini. (Erwin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment