News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Pemilu Serentak, Kecamatan Bumiaji Gelar Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas Dan Sosialisasikan Perubahan Warna Seragam Linmas

Jelang Pemilu Serentak, Kecamatan Bumiaji Gelar Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas Dan Sosialisasikan Perubahan Warna Seragam Linmas

 


Kota Batu www.pintubatu.com - Dalam rangka persiapan pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu Serentak (14/02/2024) mendatang, Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur mengadakan acara Peningkatan Kapasitas Anggota Linmas Se Kecamatan Bumiaji. Yang diikuti oleh masing-masing 10 orang anggota Linmas dari setiap desa di 9 Desa se kecamatan Bumiaji, bertempat di bumi perkemahan Wana Wisata Coban Talun Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo Kamis (5/10/2023).


Kegiatan diawali dengan apel kesiapan yang dipimpin oleh Kasi Trantib Kecamatan Bumiaji M. Kusni. Dilanjutkan dengan materi dari Doni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batu yang menyampaikan Sosialisasi terkait Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 11 Tahun 2023 yang ditandatangani oleh Mendagri (18/8/2023) tentang sarana dan prasarana bagi satuan tugas perlindungan masyarakat (satgaslinmas) dan satuan pelindungan masyarakat (satlinmas). Pada pasal 5 sarana bagi satlinmas terdiri dari perlengkapan operasional dan kendaraan operasional. Perlengkapan operasional berupa seragam ada pergantian warna seragam yang semula berwarna hijau menjadi warna abu-abu.


Menanggapi hal tersebut Camat Bumiaji Bambang Hari Suliyan SSTP dalam sambutannya menyampaikan, “Linmas se Kecamatan Bumiaji akan difasilitasi perlengkapan operasional/seragam sesuai aturan baru, kami mendorong pemerintah desa agar dianggarkan seragam baru lewat APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) di masing-masing Desa, semoga awal tahun 2024 bisa direalisasikan. Sedangkan untuk permintaan fasilitas kendaraan Linmas tergantung APBDes setiap desa, silahkan Kasatgas Linmas  mengajukan anggarannya ke Pemerintah Desa.” 

“Saat Pemilihan umum agar Linmas yang ditugaskan sebagai petugas ketertiban di TPS paham tentang teknik Pemilu, supaya Linmas dihargai dan berwibawa di hadapan masyarakat. Lembaga Desa seperti Linmas harus netral tidak boleh berpolitik praktis. Ketika menggunakan atribut Linmas jangan menjadi pendukung salah satu partai politik,” tuturnya. 


“Selain itu Linmas diharapkan agar ikut mengedukasi masyarakat untuk memilah sampah dari rumah. Sosialisasikan larangan jangan membuang sampah ke sungai. Linmas terus melaksanakan patroli sampah untuk memburu pembuang sampah liar. Ketika sampah menumpuk mengakibatkan wisatawan tidak akan merasakan nyaman datang di Kota Batu, “pungkasnya. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment