News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Catur Sudharmanto Terpilih Kembali, Menjadi Sekjend Forum PRB Jatim Periode 2023 - 2026

Catur Sudharmanto Terpilih Kembali, Menjadi Sekjend Forum PRB Jatim Periode 2023 - 2026

Sampang www.pintubatu.com - Periode kepengurusan pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Jawa Timur masa bakti 2020 - 2023 telah berakhir. Waktunya mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) dalam rangka pemilihan pengurus baru sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pada Rabu Pon (04/10/2023) bertempat di Pondok Pesantren Assirojiyyah, Kelurahan Rong Tengah, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, bersamaan dengan acara Temu Relawan Kabupaten Sampang, dilaksanakan Mubes Forum PRB Provinsi Jatim yang ke empat. Semua fasilitas Mubes tersedia, atas budi baik dari pengurus Forum PRB Kabupaten Sampang.   
Agar semua anggota forum yang berhalangan hadir dapat mengikuti proses Mubes, maka panitia mengemas kegiatan tersebut secara hybrid. Antara luring dan daring. Sehingga seluruh pengurus dan anggota forum dari berbagai daerah di Jawa timur, dapat mengikuti “pesta demokrasi” tiga tahunan itu.

Mungkin, karena semua peserta merasa bahwa Catur Sudharmanto yang akrab dipanggil Mbah Dharmo tiada tanding tiada banding, maka pelaksanaan Mubes berjalan mulus lancar penuh suka cita riang gembira, tidak seperti yang di luar sana. Bahkan boleh dikata sangat cepat, tanpa panjang lebar berdebat.
Saking cepatnya, Anisatu Nadhiroh, peserta daring dari Blitar menulis di kolom chat, Siapapun sekjennya ngak masalah tapi hendaknya semua proses bermusyawarah itu di lalui, tidak secepat itu dalam memilihnya, agar Mubes sebagai media belajar berdemokrasi benar-benar terasa.

Ya, biasanya, beberapa pekan sebelum Musda digelar, kesibukan sangat terasa. Disamping panitia sibuk menyiapkan “Ubo rampe” pendukung Musda, di luaran akan terdengar kasak kusuk tentang siapa yang dijagokan sebagai lawan potensial petahana (incumbent). Namun, kali ini tidak ada sama sekali, semua adem ayem tenggelam dalam kesibukan masing-masing.

Sehingga beberapa pihak mengatakan bahwa, mengingat lawannya mbah Dharmo tidak ada, alangkah eloknya jika semua sepakat untuk tetap mendudukkan mbah Dharmo pada posisinya semula, dengan beberapa catatan untuk memperbaiki kinerja pengurus yang akan mendampinginya menapaki masa bakti 2023 - 2026.

Salah satu pekerjaan berat yang harus segera diselesaikan pasca Mubes, adalah mendorong terbentuknya Forum PRB tingkat Kabupaten/Kota. Sementara usulan lain yang perlu digaris bawahi adalah adanya agenda rapat pengurus secara berkala, baik dengan menghadirkan unsur penasehat dan pengarah atau tidak, sebagai upaya melihat program apa saja yang telah dilakukan dengan segala kekurangan dan kelebihannya, serta menyiapkan diri melaksanakan program lainnya yang disepakati dalam rapat paripurna.
“Selamat dan sukses atas terpilihnya mbah Darmo sebagai Sekjen Forum PRB Jatim periode 2023-2026 semoga amanah dalam menjalankan tugas. Barokallah,” kata Ika Rahmawati, salah seorang peserta daring.

Semoga mbah Dharmo tidak terlalu lama menikmati efouria kemenangan. Sehingga dapat segera “move on” membongkar kepengurusan untuk masa bakti 2023 - 2026. Istilahnya, menurut Ratna, Sekjen terpilih segera merapikan barisannya agar forum lebih kuat, bermanfaat dan bermartabat. Mari kita tunggu dengan penuh rindu. [eBas]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment