News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rapat Paripurna DPRD Kota Batu, Jubir Gabungan Fraksi-fraksi DPRD Sudiono: Serapan Anggaran Harus Jadi Fokus Utama

Rapat Paripurna DPRD Kota Batu, Jubir Gabungan Fraksi-fraksi DPRD Sudiono: Serapan Anggaran Harus Jadi Fokus Utama

Kota Batu pintubatu.com - Juru Bicara Gabungan Fraksi-fraksi DPRD Kota Batu, Sudiono, menyampaikan pandangan umum terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu Tahun Anggaran 2023, Jumat (1/9/2023). 
Pandangan umum ini disampaikan dalam rapat paripurna yang digelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu bertempat di Gedung DPRD Kota Batu. Tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Batu Zadiem Efisiensi bersama Kepala OPD atau perwakilan dari masing-masing OPD Pemerintah Kota Batu. 

Rapat Paripurna ini merupakan kelanjutan dari penyampaian Raperda Perubahan APBD Kota Batu Tahun Anggaran 2023 yang disampaikan sebelumnya pada Kamis (31/8/2023).
Dirilis dari siaran pers pemkotbatu_official, dalam sambutannya, Sudiono menyampaikan pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kota Batu yang mencakup berbagai aspek penting dalam perubahan APBD Tahun 2023. Salah satu poin utama yang disoroti adalah pengalokasian anggaran untuk memaksimalkan serapan anggaran. Sudiono menekankan bahwa peningkatan serapan anggaran harus menjadi fokus utama, bukan sekadar penambahan anggaran tanpa penggunaan yang efektif.
Selain itu, Sudiono juga mengajukan sejumlah poin kunci, antara lain: Penyesuaian Anggaran Perubahan APBD harus didasarkan pada evaluasi kinerja dan realitas saat ini, bukan hanya penambahan anggaran semata. Program dan kegiatan harus realistis dan terukur.
Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam rangka meningkatkan PAD, perlu optimalisasi penerimaan daerah dari sektor-sektor seperti pajak daerah dan retribusi. Hal ini akan mendukung kemandirian keuangan daerah. 
Kesejahteraan dan Kemiskinan, APBD harus berperan aktif dalam mengurangi tingkat kemiskinan di Kota Batu. Program dan kegiatan strategis harus fokus pada peningkatan derajat dan kualitas hidup masyarakat. (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment