News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kota Batu Darurat Sampah, Surat Terbuka Untuk Pj Walikota Batu

Kota Batu Darurat Sampah, Surat Terbuka Untuk Pj Walikota Batu

"Bergerak Bersama, Wong Mbatu Bisa"

Assalamu'alaikum wr wb

Salam hormat Pak Aries Agung Paewai, semoga bapak sehat wal afiat dan senantiasa dipenuhi kelimpahan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Surat terbuka ini saya tulis sebagai bentuk keresahan saya sebagai orang asli Batu, wong mBatu, yang melihat beberapa hari ini, kota yang sangat saya cintai mengalami darurat sampah pasca ditutupnya Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Tlekung. Sejujurnya, saya ingin berdialog dengan Bapak dari hati ke hati, dialog tatap muka, tetapi saya cukup tahu diri, hal itu jauh dari kata mungkin. Bapak cukup sibuk dan saya hanyalah rakyat biasa.

Pak Aries, kami, Wong mBatu cukup terkejut saat membaca berita bahwa per 30 Agustus 2023, TPA Tlekung resmi ditutup atas kesepakatan Pemkot Batu dengan warga Tlekung. Kami terkejut karena penutupan TPA Tlekung itu sangat mendadak tanpa ada penjelasan yang memadai dari pihak Pemkot Batu, tanpa ada rencana strategi (Rensra) jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Penutupan TPA Tlekung itu terasa prematur tanpa persiapan infrastruktur sosial yang memadai.
Pak Aries, sependek yang saya ketahui, sampai saya menulis surat terbuka ini, belum ada satu pernyataan resmi apapun dari Bapak selaku Pj Walikota Batu pasca penutupan TPA Tlekung. Belum ada penjelasan resmi dari Bapak mengenai apa alasan TPA Tlekung ditutup dan langkah-langkah apa yang akan Pemkot Batu lakukan pasca penutupan TPA Tlekung itu. Kami tahu kalau TPA Tlekung ditutup melalui berita media online dan obrolan di beberapa WhatshApp Grup. Jadinya, respon atas penutupan TPA Tlekung bersifat spontan dari kerelawanan warga tanpa ada satu komando yang terukur dan terarah dari Pemkot Batu. Kami seperti anak ayam yang kehilangan induknya.

Pak Aries, sebagai Wong mBatu, saya merasa kehadiran Bapak sangat dibutuhkan. Tidak saja kehadiran fisik tetapi kehadiran hati Bapak untuk bersama-sama melalui darurat sampah ini. Masa jabatan Bapak sebagai Pj Walikota Batu memang singkat tetapi Bapak mempunyai tanggung-jawab meletakkan legacy yang indah buat Kami, wong mBatu.

Pasca penutupan TPA Tlekung, Anda-lah yang menjadi panglima Kami untuk bersama-sama melalui masa-masa darurat sampah ini.  Mari kita bersama-sama berdialog dan bergandengan-tangan, bergerak bersama, wong mBatu bisa...!!

Wassalamu'alaikum wr wb,

Batu,  2 September 2023
Haris El Mahdi
Warga Kaliputih, Sisir
Kota Batu

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment