News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pj Walikota Batu, Tinjau Perkembangan TPS3R Desa dan Kelurahan

Pj Walikota Batu, Tinjau Perkembangan TPS3R Desa dan Kelurahan

Kota Batu pintubatu.com -  Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai, terus memantau perkembangan pengelolaan sampah di Kota Batu dengan melakukan peninjauan langsung ke desa dan kelurahan. Seperti yang dilakukannya Senin (11/9/2023), Aries bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Aries Setyawan, berkeliling meninjau TPS3R Dusun Durek Desa Giripurno, TPS3R Desa Pandanrejo dan Desa Tulungrejo serta ke TPS3R Perumahan Kusuma Pesanggarahan di Desa Pesanggrahan dirilis dari prokopim_kwb.
Dalam kunjungannya, Aries mengaku merasa yakin jika saat ini masyarakat telah bergerak untuk melakukan pengelolaan sampah dari rumah dan lingkungan masing-masing. Terlihat dari TPS3R yang dikunjungi, sudah melakukan berbagai kegiatan dan inovasi sehingga sampah bisa diolah secara maksimal. 
"Saya yakin dengan kebijakan bahwa TPA Tlekung hanya menerima sampah residu, banyak masyarakat yang bergerak bersama mengatasi persoalan sampah di lingkungan dan rumah masing-masing. Terbukti dengan kunjungan kali ini, kita bisa melihat bahwa masyarakat sudah berinovasi untuk memanfaatkan TPS3R secara maksimal agar sampah dapat dikelola dan tidak menimbulkan permasalahan," jelasnya.
Seperti saat berkunjung ke TPS3R Dusun Durek Desa Giripurno, sekitar 500 KK warga disekitar sudah berinovasi dengan memanfaatkan magot dan komposter serta kedisiplinan warga membuang sampah langsung ke TPS3R tanpa menunggu petugas. Kedisiplinan ini membuat warga Dusun Durek sejak tahun 2002 sudah tidak lagi membuang sampah ke TPA Tlekung. "Ini patut dicontoh oleh desa dan kelurahan lainnya, bagaimana kesadaran dan kedisiplinan warga muncul untuk menyelamatkan lingkungannya dari sampah," terangnya.
Demikian pula di TPS3R Desa Tulungrejo dan Desa Pandanrejo. Kedua TPS3R ini telah mengelola sampah termasuk sampah residu. Bahkan di Desa Tulungrejo pemanfaatan TPS3R yang sebelumnya untuk melayani dusun, sesuai rencana akan diperbesar untuk melayani satu desa, dengan menambah lahan seluas 1150 meterpersegi untuk menampung sekitar 4 ton sampah setiap hari.
Saat melewati Desa Pesanggrahan, Pj Walikota Batu berkesempatan meninjau TPS3R di Perumahan Kusuma Pesanggrahan. Ia melihat warga perumahan juga telah menyediakan komposter untuk pengolahan sampah basah. "Jika semuanya bergerak seperti ini, saya yakin permasalahan sampah akan segera teratasi," ujar pria asal Makassar ini penuh optimis.
Ditengah kunjungannya, Aries bersama Kepala Desa Giripurno, Suntoro, juga melihat secara langsung kondisi lahan milik Pemerintah Kota Batu yang akan dipergunakan untuk TPST Kawasan Perkotaan Kota Batu. Lahan seluas 2 hektar ini, diproyeksikan menjadi tempat pengolahan sampah residu. 
Usai melakukan kunjungan, Aries berjanji akan terus memantau kesiapan desa dan kelurahan serta RW dan RT, untuk memastikan masyarakat benar-benar menyadari akan pentingnya memilah dan mengelola sampah sendiri. Jika masyarakat telah ikut bergerak, maka Aries berharap, tidak akan ada lagi orang yang membuang sampah di sungai dan tepi jalan, karena akan mengotori dan mencemari lingkungan. "Inshaallah saya akan terus memantau dan melihat perkembangan serta permasalahan yang dihadapi. Dan Pemerintah akan berupaya memberikan solusi dan membantu setiap ide kreatif yang muncul dari masyarakat," pungkasnya. (Erwin) 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment