News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kepala BNPB Tinjau Penanganan Karhutla Gunung Arjuno, Tambah Bantuan Helikopter Superpuma

Kepala BNPB Tinjau Penanganan Karhutla Gunung Arjuno, Tambah Bantuan Helikopter Superpuma

Pasuruan pintubatu.com - Progres penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Gunung Arjuno dan sejumlah kejadian kebakaran di Jawa Timur menarik perhatian Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto dirilis dari bpbd_jatim.

Dengan didampingi Deputi Penanggulangan Darurat Mayjen TNI Fajar Setiawan dan anggota Komisi VIII DPR RI, Jumat (8/9/2023), Kepala BNPB meninjau langsung penanganan Karhutla Gunung Arjuno di Posko Kaliandra, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.
Turut menyambut kunjungan ini, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono, Pangdam V/Brawijaya, Danlanud Abdurrahman Saleh, Karo Ops. Polda Jatim, Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, Kadishut Jatim, Sekda Kabupaten Pasuruan dan Kalaksa BPBD empat daerah, yakni, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Batu.

Acara kunjungan diawali pemantauan udara dengan menggunakan helikopter BNPB. Selanjutnya, dilangsungkan Rakor percepatan penanganan Karhutla Gunung Arjuno di Posko Kaliandra.
Dalam paparannya, Sekdaprov Jatim menyampaikan, sejak awal kejadian pada Sabtu (26/8/2023), upaya pemadaman api lewat darat sebetulnya telah dilakukan.

Namun, lantaran angin yang sangat kencang, lokasi yang jauh dari jangkauan dan terbatasnya peralatan pemadaman, akhirnya area terdampak kebakaran pun meluas hingga merembet di empat daerah, hingga mencapai 4.796 ha.
Karenanya, mewakili Gubernur Jatim, Sekdaprov Adhy Karyono menyampaikan terimakasih atas respon cepat BNPB saat diminta bantuan armada helikopter untuk keperluan water bombing.

Dengan water bombing yang berjalan sejak Sabtu (2/9/2023), titik api yang berkembang hingga 156 titik, akhirnya bisa berkurang.
Sementara, Kepala BNPB memastikan pihaknya akan terus mendukung upaya pemadaman Karhutla yang terjadi di Jatim.

Di antaranya, dengan menambah satu armada helikopter Superpuma, tipe AS332C1/PK-DAN, berkapasitas angkut air 4000 liter.
Selain itu, BNPB juga menyerahkan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp 750 juta dan sejumlah peralatan penanganan kekeringan & Karhutla. (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment