News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Karhutla Gunung Bromo Mereda, Kalaksa BPBD Jatim Pimpin Operasi Pemadaman Lewat Darat

Karhutla Gunung Bromo Mereda, Kalaksa BPBD Jatim Pimpin Operasi Pemadaman Lewat Darat

Malang pintubatu.com -  Setelah dilakukan operasi water bombing sejak Minggu (10/9/2023), kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kawasan Savana Bukit Teletubbies Gunung Bromo kini mulai mereda dirilis dari .bpbd_jatim.
Titik api yang sempat meluas hingga ke arah Kabupaten Malang dan Lumajang ini pun kini juga sudah terlihat padam. Hanya, terlihat beberapa asap dari bara api yang tersimpan di tanah dan pohon yang terbakar.

Guna memastikan bara api itu benar-benar padam, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto bersama Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Hendro Widjanarko memimpin langsung operasi pemadaman dan pembasahan di sejumlah titik di kawasan Gunung Bromo, Senin (11/9/2023).
Di antaranya, di area Krajan, Ngadireji, Kecamatan Sukapura, area Gedong, Sariwani, Kecamatan Sukapura, Bukit Plentong Kabupaten Malang dan kawasan Jemplang Watu gede Kabupaten Malang.

Turut terlibat dalam operasi pemadaman via darat ini, Tim BPBD Jatim, Tim TNBTS, Tim Tagana Dinsos Kabupaten Probolinggo, Tim BPBD Kab. Probolinggo, Tim BPBD Kabupaten Malang, Petugas Patroli Karhutla Gabungan Polsek Poncokusumo, Tim Damkar Manggala AGNI Brigade Pengendali Kebakaran Hutan, perwakilan LMDH, TNI, Polri, dan masyarakat peduli api (MPA). 
"Sebagaimana arahan Ibu Gubernur, kita ingin memastikan bahwa api dan asap di Gunung Bromo ini benar-benar padam," ujar Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto.

Selain operasi pemadaman lewat darat, dalam dua hari ini juga telah dilangsungkan upaya pemadaman lewat udara, melalui water bombing.

Operasi udara ini menggunakan helikopter BNPB Superpuma PK-DAN yang berkapasitas 4000 liter.
Sepanjang Senin (11/9/2023), water bombing dilakukan 46 kali dengan kapasitas air sebanyak 184.000 liter. Operasi ini menyasar kawasan Keciri di wilayah Kabupaten Probolinggo, Bukit Kayangan, Bukit Plentong dan Jemplang Watu gede yang masuk wilayah Kab. Malang. (Erwin)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment