News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pj Walikota Batu Paparkan Prestasi Kota Batu, Dalam Penilaian Kabupaten Kota Sehat Nasional 2023

Pj Walikota Batu Paparkan Prestasi Kota Batu, Dalam Penilaian Kabupaten Kota Sehat Nasional 2023

 

Foto Pj Walikota Batu bersama Forum Kota Batu Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan dan
Pokja Desa Kelurahan Se Kota Batu

Kota Batu pintubatu.com - Pj Walikota Batu, Aries Agung Paewai, paparkan capaian kinerja Pemerintah Kota Batu dalam membangun kota sehat pada acara Penilaian Kabupaten Kota Sehat (KKS) Nasional 2023. Aries memaparkan capaian 9 indikator penilaian secara daring di Ruang Rapat Utama Balaikota Among Tani Lt 5 Kota Batu Jawa Timur Kamis (3/8/2023), dihadapan tim verifikator yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri RI, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian PUPR, Sekretaris Kabinet dan Bappenas RI.

Pj Walikota Batu tampak hadir dengan didampingi semua Kepala OPD, Pengurus Forum Kota Batu Sehat, Pengurus Forum Komunikasi Kecamatan dari 3 Kecamatan Bumiaji, Batu dan Junrejo serta Kelompok Kerja Desa Kelurahan se Kota Batu.

Foto Pj Walikota Batu didampingi Kepala Bappelitbanda dan ketua Forum Kota Batu Sehat

Pertama Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri yaitu Kota Batu memfasilitasi akses kesehatan masyarakat dengan menyediakan fasilitas kesehatan yang lengkap dan berkualitas, serta mendorong gaya hidup sehat melalui program edukasi dan promosi kesehatan. Hasil verifikasi provinsi mencapai 91,1%. 

Kedua Tatanan Permukiman dan Fasilitas Umum. Kota Batu memfasilitasi perancangan pemukiman yang beragam, ramah lingkungan, dan berintegrasi dengan fasilitas umum seperti taman, tempat rekreasi, serta pelayanan dasar seperti air bersih dan sanitasi. Verifikasi provinsi mencapai 82,7%.

Ketiga, Tatanan Satuan Pendidikan Kota Batu menciptakan lingkungan belajar yang inovatif, aman, dan merata untuk semua lapisan masyarakat, dengan fasilitas dan kurikulum yang sesuai kebutuhan pendidikan. Verifikasi provinsi mencapai 90,9%. 


Keempat, Tatanan Pasar Kota Batu menyediakan pasar tradisional modern dengan sistem perdagangan yang efisien, nyaman, dan bersih, yang mendukung pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat. Verifikasi provinsi 75%.

Kelima Tatanan Pariwisata dengan verifikasi provinsi 88,5%. Kota Batu mengembangkan sektor pariwisata yang berkelanjutan, menjaga kelestarian lingkungan, dan menyediakan layanan yang menyenangkan bagi pengunjung. 

Keenam Tatanan Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan sebesar 81,3%. Kota Batu meningkatkan sistem transportasi berkelanjutan dan terpadu, serta penegakan aturan lalu lintas untuk mengurangi kemacetan dan menciptakan lingkungan kota yang lebih aman.

Ketujuh Tatanan Perkantoran dan Perindustrian mencapai 81,3%. Kota Batu meregulasi perindustrian, yang baik dan lingkungan kerja yang produktif. 


Kedelapan Tatanan Perlindungan Sosial 91,2% verifikasi provinsi. Kota Batu memberikan jaminan sosial dan dukungan bagi kelompok rentan dan memastikan keadilan sosial untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kesembilan Tatanan Pencegahan dan Penanganan Bencana dengan verifikasi provinsi 100%. KotaBatu menerapkan langkah-langkah pencegahan, kesiapsiagaan, dan penanganan bencana yang efektif melalui rencana darurat, sistem peringatan dini, dan koordinasi antar instansi. Dari capaian ini, Aries mengaku merupakan hasil kolaborasi seluruh stakeholder sehingga Kota Wisata Batu masuk dalam penilaian kabupaten kota sehat (KKS) tingkat nasional.

Foto Pj Walikota Batu bersama pengurus Forum Kota Batu Sehat

"Terimakasih atas upaya dan kerja keras bersama, serta kolaborasi seluruh stakeholder dalam mewujudkan Kota Wisata Batu sehingga masuk dalam penilaian Kabupaten Kota Sehat Nasional," pungkas Aries. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment