News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Panitia HUT Kemerdekaan RI dari Forum Bersama Lintas Komunitas, Tinjau Lokasi Upacara

Panitia HUT Kemerdekaan RI dari Forum Bersama Lintas Komunitas, Tinjau Lokasi Upacara


Surabaya pintubatu.com - Guna memantapkan persiapan puncak Hari Kemerdekaan RI ke 78, beberapa panitia dari Forum Bersama Lintas Komunitas (FORMALITAS) Jawa Timur, yang menjadi wadah koordinasi dan komunikasi berbagai komunitas pecinta alam di Jawa Timur, meninjau lokasi upacara di area Pusat Pelatihan Konservasi Alam (PPKA) Indreng Genitri, Kawasan lereng Gunung Welirang, Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Minggu (13/08/2023).

Dalam peninjauan itu akan di lakukan plotting area sesuai dengan usulan Silvia, salah satu panitia kegiatan ini. Silvia mengatakan bahwa bagi panitia yang punya waktu luang, diusahakan datang ke Indreng Genitri untuk plotting area agar tidak merepotkan semua pihak pada hari pelaksanaannya. 


Kegiatan peninjauan ini difasilitasi oleh Bang Sion dan Pakdhe Ucup. Mereka terdiri dari beberapa wakil panitia dan petugas upacara, untuk memastikan kelayakan lokasi upacara sekaligus berkoordinasi dengan pengelola wana wisata.

Menurut Silvia, yang harus dilihat adalah tempat tenda peserta dan panitia, stand untuk tim support membuka lapak, tenda Dapur Umum, tempat registrasi, tempat parkir, area steril untuk upacara dan lainnya. Termasuk pemasangan umbul-umbul dan bendera yang dibantu pengelola.

“Nanti hasilnya dijadikan bahan rapat terakhir. Jangan sampai lokasi untuk upacara tidak nyaman. Sekaligus menyiapkan sarana pendukung yang diperlukan, serta penetapan petugas upacara,” ujarnya. 


Kegiatan upacara peringatan kemerdekaan itu menjadi agenda rutin yang menjadi tradisi dari FORMALITAS. Untuk itulah tempat upacara diupayakan selalu berganti agar tidak bosan dan memberi suasana baru bagi seluruh anggota FORMALITAS.

"Tahun 2022 lalu kita menyelenggarakan upacara di daerah wana wisata Lorokan dan diikuti oleh seribu lebih peserta dari berbagai komunitas. Tahun ini kita mencari suasana baru, dan disepakati upacara di puthuk kentongan yang berketinggian 1305 Mdpl, masuk kawasan camping ground Indreng Genitri,” kata Prasojo, yang biasa dipanggil Kapten.


Sementara Harper, ketua FORMALITAS, mengatakan bahwa untuk kegiatan ini ada yang baru. Dimana beberapa Tim Support acara ini diberi kesempatan membuka stand. Rencananya yang akan dijual adalah barang-barang yang ada kaitannya dengan kegiatan di alam bebas (outdoor activity), seperti baju, jaket, sepatu, celana, kaos, topi, tenda, dan sejenisnya.

“Banyak yang berminat untuk meramaikan acara dengan membuka lapak. Jika nanti banyak peminatnya pasti akan membawa kenangan tersendiri bisa berbelanja di ketinggian, jauh dari keramaian Kota,” kata Harper menyemangati panitia yang melakukan plotting area. [eBas]


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment