News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Balaikota Among Tani Disediakan TPS3R, ASN Diharapkan Berikan Contoh Melakukan Pemilahan Sampah

Di Balaikota Among Tani Disediakan TPS3R, ASN Diharapkan Berikan Contoh Melakukan Pemilahan Sampah

 


Kota Batu pintubatu.com - Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah, khususnya pemilahan sampah dari rumah dan lingkungan, Pemerintah Kota Batu bekerja sama dengan berbagai komunitas termasuk Sabers Pungli dan Forum Kota Batu Sehat, menyelenggarakan kegiatan pilah sampah di Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R) di Balaikota Among Tani Kota Batu Jawa Timur Rabu, (9/8/2023).


Diharapkan setiap OPD untuk memilah dan mengolah sendiri sampahnya di TPS3R Balai Kota Among Tani, sudah di sediakan beberapa tong sampah sesuai dengan jenis sampahnya ada sampah plastik, botol plastik, kertas, kardus B3 (bahan bahan berbahaya beracun) dan organik serta  tersedia tempat pengolahan sampah organik untuk menjadi komposter. Jika disalah satu kantor OPD yang tidak memilah sampah petugas sampah tidak akan mengambilnya. Perkantoran Balai Kota Among Tani juga harus memberikan  contoh kepada Pegawai/ASN untuk memilah sampah yang benar sehingga sangat membatu pengurangan sampah ke TPA Tlekung.

Dirilis dari Pemkot Batu Official pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, memberikan pernyataan terkait tujuan dan upaya dalam kegiatan ini.


"Kami dengan berbagai komunitas, termasuk Sabers Pungli, terus melakukan edukasi kepada masyarakat. Kami menyadari bahwa perubahan tidak bisa terjadi dengan cepat. Namun membutuhkan waktu dan proses yang berkelanjutan," ujar Pj. Wali Kota.

Dalam konteks ini, Pj. Wali Kota menyampaikan keyakinannya bahwa melalui proses ini, masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya pengelolaan sampah. Terutama pemilahan sampah di tingkat rumah tangga, lingkungan, dan pribadi.

"Kita memulai dari Balaikota Among Tani ini, dengan banyaknya kantor dan pegawai yang ada. Kami berharap bahwa dari kantor-kantor tersebut, pemilahan sampah sudah dapat dilakukan sehingga tidak perlu ada pemilahan yang dilakukan seperti saat ini," tambahnya.

Pj. Wali Kota juga menekankan pentingnya memberikan contoh nyata dalam pengelolaan sampah.


"Di Rumah Dinas Wali Kota juga sudah dimulai, bahkan di rumah Sekda juga sudah mulai dilakukan pemilahan sampah. Dengan memberikan contoh seperti ini, kami yakin bahwa masyarakat akan ikut serta dan mengikuti langkah positif dalam pengelolaan sampah," ungkapnya.

Dalam kegiatan ini, Sabers Pungli juga turut berperan aktif dengan menginisiasi kampanye pemilahan sampah dari rumah.

"Kita tidak menggandeng Sabers Pungli, malah mereka yang inisiatif menggandeng kita melakukan kampanye untuk melakukan pemilahan sampah dari rumah," imbuh Aries. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment