News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Verifikasi 5 Pilar STBM Di Desa Gunungsari, Dusun Pagergunung Masih Belum Memilah Sampah Organik dan Anorganik

Verifikasi 5 Pilar STBM Di Desa Gunungsari, Dusun Pagergunung Masih Belum Memilah Sampah Organik dan Anorganik


Kota Batu pintubatu.com - Sehubungan dengan pelaksanaan Program Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat untuk kegiatan penyediaan fasilitas pelayanan Kesehatan, dinas Kesehatan Kota Batu melaksanakan verifikasi 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Bertempat di Desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur Selasa (11/7/2023).


Verifikasi tersebut selain diikuti Dinas Kesehatan Kota Batu, juga diikuti Puskesmas Bumiaji, Forum Kota Batu Sehat, Forum Komunikasi Kecamatan Bumiaji, Kelompok Kerja Desa Gununsari Sehat dan Kepala Dusun. Tim yang ada dibagi 4 kelompok untuk melakukan verifikasi secara random sampling.


Koordinator verifikasi Esty Setya Windari, Kasi Kesling Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu usai melakukan kunjungan lapangan dihadapan Kepala Desa Gunungsari dan Sekretaris Desa Gunungsari menyampaikan penjelasannya di Aula Balai Desa Gunungsari.

“Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Program STBM memiliki indikator outcome dan output. Indikator outcome STBM yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku,” tuturnya.


“Lima Pilar STBM antara lain stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan air minum dan makanan dengan benar, pengelolaan sampah rumah tangga, serta pengelolaan limbah cair rumah tangga agar tidak mencemari lingkungan. Hasil kunjungan verifikasi dilapangan, masyarakat sudah melaksanakan ke 5 Pilar STBM tersebut. Temuan kami dilapangan untuk pilar ke 4 yaitu pengelolaan sampah rumah tangga warga di Dusun Pagergunung masih belum melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik, “pungkas Esty.


Menanggapi hal tersebut Kepala Desa Gunungsari Andi Susilo berharap dari Forum Kota Batu Sehat bisa bekerjasama dengan Pemerintah Desa Gunungsari untuk melakukan sosialisasi pemilahan sampah organik dan anorganik, sekaligus dibimbing untuk mengolah sampah organik agar bisa bermanfaat menjadi pupuk dan membentuk Bank Sampah. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment