News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

MPLS Hari Kedua SMKN1 Kota Batu, Adakan Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi

MPLS Hari Kedua SMKN1 Kota Batu, Adakan Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi


 Kota Batu pintubatu.com – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Batu Jawa Timur, telah mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) selama 2 (dua) hari Senin s.d Selasa (17 s.d 18/7/2023). 

Pada hari kedua Selasa (18/7/2023) bertempat di aula SMKN 1 Batu Jl. Bromo No. 11 Kelurahan Sisir Kecamatan Batu Kota Batu diisi dengan Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi Sejak Dini oleh Duta Anti Korupsi Provinsi Jawa Timur perwakilan dari Kota Batu, Vivian Stela Candani (16) yang juga Siswi SMKN 1 Batu kelas 11 Kuliner 3, yang juga Wakil Ketua OSIS SMKN1 Batu. Kegiatan ini diikuti oleh 440 siswa siswi yang baru masuk kelas 10.


Saat ditemui dihalaman sekolah SMKN 1 Batu Vivian Stela Candani menyampaikan bahwa banyaknya kasus korupsi dimasyarakat sehingga Dinas Pendidikan Provinsi bekerjasama dengan KPK untuk memilih Duta Pelajar Anti Korupsi bulan Oktober 2022. Korupsi adalah tindakan melawan hukum dengan maksud memperkaya diri sendiri atau orang lain yang berakibat menimbulkan kerugian keuangan negara atau perekonomian negara. (UU No 31 Tahun 1999 jo UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi)

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan cara melakukan sosialisasi yang membahas mengenai pentingnya pendidikan anti korupsi di kalangan pelajar dan juga dampak hukum jika melakukan perbuatan-perbuatan yang mengarah pada tindak pidana korupsi tersebut. Kita masih pelajar, masih terlalu kecil untuk peduli mengenai korupsi, kolusi, ataupun neporisme. Tapi kalau bukan kita, siapa lagi? Saya yakin pasti akan ada pemimpin pemimpin yang lahir dari kalangan pelajar seperti kita, “tuturnya.


“Hasil survei lembaga Transparency Internasional, Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia di tahun 2022 menunjukkan bahwa Indonesia terus mengalami tantangan serius dalam melawan korupsi. IPK Indonesia tahun 2022 berada di skor 34/100 dan berada di peringkat 110 dari 180 negara yang disurvei.

Transparency International adalah organisasi non-pemerintah berskala internasional yang bertekad untuk memerangi ketidakadilan yang disebabkan oleh korupsi, “tambahnya.


Dengan penuh semangat Vivian Stella Candani menjelaskan dampak yang ditimbulkan akibat korupsi. Misalnya di Bidang Pendidikan mengakibatkan tingkat pendidikan masyarakat yang rendah, dan mahalnya biaya Pendidikan. Dampak Korupsi di Bidang Ekonomi, Korupsi dapat memperlemah investasi dalam pertumbuhan ekonomi. Dampak Korupsi di Bidang Hukum, hilangnya rasa aman dan kepercayaan pada pemerintah.


“Sebagai pelajar apa aja sih yang bisa kita lakukan untuk memerangi korupsi? Untuk itu kita para pelajar harus bisa menerapkan 9 nilai integritas anti korupsi yaitu kita semua harus memulai dari diri kita masing-masing untuk berperilaku jujur, peduli terhadap sesama, mandiri, disiplin,bertanggung jawab, bekerja keras, hidup sederhana, berani, dan tetap berlaku adil, “pungkasnya. (Erwin)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment