News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum PRB Jawa Timur Bersama Multipihak Manangani Bencana Longsor Semeru

Forum PRB Jawa Timur Bersama Multipihak Manangani Bencana Longsor Semeru


Jargon yang berbunyi bencana urusan bersama itu benar-benar diwujudkan dalam program Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Jawa Timur. Hal ini terbukti saat bencana longsor menghajar wilayah lereng Gunung Semeru yang masuk wilayah Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Jum,at (07/07/2023). Forum PRB Jawa Timur langsung turun tangan menyingsingkan lengan baju memberi bantuan kepada korban bencana banjir dan longsor.

Ya, begitulah relawan, selalu datang awal, sebelum para pejabat berkunjung menyapa korban sambil membawa bantuan. Mereka datang memberikan motivasi agar pengungsi sabar menghadapi cobaan, dan segera dapat berbenah.

Sungguh, dampak bencana kali ini tidak terduga sama sekali. Beberapa jembatan putus ditimpa derasnya banjir. Begitu juga longsor terjadi di daerah yang dianggap tidak berbahaya, dan memakan korban tiga orang meninggal dunia, juga menutup akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.


Forum PRB Jawa Timur juga mendirikan pos bersama (posma) sebagai pusat data dan informasi sekaligus tempat berkumpulnya relawan dari berbagai komunitas (khususnya relawan dari yayasan/lembaga profesional), diantaranya yayasan jagat alam nusantara. Mereka saling bahu membahu meringankan derita para pengungsi.

Disela-sela kesibukannya melakukan penanganan bencana, tidak lupa mereka juga melakukan evaluasi dan menyusun rencana kerja selanjutnya bersama sama relawan lain. Sehingga ada kejelasan siapa berbuat apa?

Semua kegiatan yang mereka lakukan secara berkala dilaporkan oleh relawan dari Yayasan Jagat Alam Nusantara, lewat grup whatsapp Forum PRB JATIM. Sehingga berbagai komunitas relawan yang tergabung dalam grup whatsapp dapat mengetahui perkembangannya, untuk mengambil langkah.

Laporan itu diantaranya terkait dengan jenis kejadian, waktu, lokasi, penyebab, akibat yang ditimbulkan, dan dampaknya serta keterangan tambahan untuk melengkapi laporan. Semua dilakukan secara berkala, termasuk laporan tentang kondisi korban yang mengungsi serta kebutuhan dasar yang harus segera dipenuhi.


Dengan jargon “Forum PRB Jatim kuat, Bermanfaat dan Bermartabat” posma juga menerima bantuan sembako, makanan siap saji, sarana prasarana dan dana dari berbagai pihak untuk disalurkan kepada yang berhak. Ini dilakukan sebagai upaya membantu korban bencana untuk segera pulih kembali tanpa harus berlama-lama terpuruk dalam derita, karena dilanda bencana.

Begitulah bencana Semeru yang berulang kembali menggerakkan berbagai pihak, termasuk Forum PRB hadir, bahu membahu dalam penanganan korban bencana. Hal ini sedikit-banyak telah mengurangi beban penderitaan yang mesti ditanggung para korban bencana.

Semoga nanti setelah semua kondusif, gagasan Sofyan Eyanks yang diposting di grup whatsapp PRBBK (Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas) Indonesia, menjadi bahan renungan bersama. Diantaranya, apakah wilayah yang dilanda longsor terpetakan sebagai wilayah berisiko dalam KRB (Kajian Risiko Bencana) yang ada?


“Apakah RPB (Rencana Penanggulangan Bencana) Kabupaten Lumajang dan Kabupten. Malang menyiapkan upaya sebagai bagian dari pengurangan risiko bencana untuk wilayah tersebut? Apakah berkesesuaian dengan faktor yang berkontribusi terhadap risiko dari KRB? Kata Sofyan dalam postingannya. Sebuah gagasan cerdas yang perlu dicermati bersama para pihak dalam rangka membangun ketangguhan masyarakat menghadapi bencana. Khususnya mereka yang berdomisili di lereng Gunung Semeru. [eBas]


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment