News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Tia Subekti, S.Ip., MA Fisip UB, Pengawas Pemilu Harus Menghindari Konflik Kepentingan

Tia Subekti, S.Ip., MA Fisip UB, Pengawas Pemilu Harus Menghindari Konflik Kepentingan

 

Foto Narasumber Tia Subekti, S.Ip., MA Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Universitas Brawijaya

Kota Batu - (pintubatu.com) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengawasan pemilu dan pengelolaan administrasi kesekretariatan Jum’at (16/6/2023). Bertempat di Hotel Horison Trunojoyo Jl. Trunojoyo No. 09 Kelurahan Songgokerto Kota Batu.

Acara dimulai dengan pretest memakai aplikasi Socrative untuk mengukur kemampuan peserta dalam memahami peraturan perundang-undangan, bagi yang mendapat nilai terbaik memperoleh reward. Panitia juga memberikan reward kepada peserta yang datang paling awal serta aktif. Ketiga pada sesi diskusi kelompok, bagi peserta yang bisa menampilkan terbaik diberikan reward. Tentunya peserta yang datang terlambat diberikan juga punishment.

Foto Ketua Bawaslu Kota Batu saat membuka acara Bimtek

Dihadiri oleh Ketua dan anggota Bawaslu Kota Batu, Kepala Sekretariat Bawaslu dan Staf Sekretariat Bawaslu Kota Batu, Ketua dan anggota Panwaslu Kecamatan, Kepala Sekretariat dan Staf Sekretariat Panwaslu Kecamatan Se Kota Batu.

Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman, ST pada kata sambutannya menyampaikan, “Bimbingan teknis ini dalam rangka menyamakan persepsi, menyamakan gerak langkah tugas-tugas antara Kecamatan Batu, Kecamatan Junrejo dan Kecamatan Bumiaji.”

Foto Sambutan Ketua Bawaslu Kota Batu

“Persoalan pengawasan hari ini adalah pengawasan kita jangan sampai tidak ada standar antara ketiga kecamatan. Standard pengawasan di ketiga kecamatan harus sama. Hari ini kita dalam tahapan pengawasan administrasi bakal calon anggota legislative, kalau teman-teman Panwaslu Kecamatan mengawasi teman-teman jajaran PPK agar bekerja dengan benar sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kedua untuk pengelolaan administrasi kesekretariatan ini penting, karena untuk arsip lembaga negara ini harus ada standard yang sama. Contohnya untuk penomoran surat, kodenya jangan sampai tidak sama. Harapan dari Bimtek ini, untuk menghasilkan pengelolaan tata naskah dan tertib administrasi dengan baik, “tambahnya.

Foto Narasumber Tia Subekti, S.Ip, MA Fisip UB

Sedangkan Narasumber Tia Subekti, S.Ip., MA Sekretaris Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Universitas Brawijaya Malang menyampaikan materi Mewujukan Tata Kelola Pemerintahan yang baik melalui optimalisasi peran Bawaslu.

“Tata Kelola pemerintahan yang baik harus diimplementasikan pada semua sektor dengan prinsip good government. Penyelenggaraan pemerintahan yang baik harus didasarkan pada hukum dan tidak memihak, transparansi publik, responsive/cepat tanggap atas keluhan masyarakat, “tuturnya.

Foto suasana Bimtek Bawaslu

“Sebagai pengawas pemilihan umum harus menghindari konflik kepentingan, memiliki integritas, netralitas, bekerja efektif, dan efisien, Selain itu juga harus akuntabilitas yaitu upaya untuk mengelola sumber daya manusia dan melaporkan semua aktivitas kepada pemberi mandat apapun bentuk kegiatannya karena dibiayai dari uang pajak, “pungkas Tia Subekti, S.Ip., MA. (Erwin)

Foto narasumber bersama pimpinan Panwaslu Kecamatan se Kota Batu


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment