News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Berharap Peroleh Penghargaan, Forum Kota Batu Sehat Lakukan Pembinaan

Berharap Peroleh Penghargaan, Forum Kota Batu Sehat Lakukan Pembinaan


Foto Ketua Forum Kota Batu Sehat saat presentasi

Kota Batu pintubatu.com – Forum Kota Batu Sehat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu Jawa Timur melaksanakan pembinaan untuk Forum Komunikasi Kecamatan Sehat dan Kelompok Kerja (Pokja) Desa Kelurahan Sehat Se Kota Batu. Untuk Kecamatan Junrejo telah dilaksanakan Selasa (13/6/2023) bertempat di Pendopo Kecamatan Junrejo, Kecamatan Batu di Aula Kecamatan Batu Rabu (14/6/2023) sedangkan Kecamatan Bumiaji di Pendopo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Kamis (16/6/2023).

Kegiatan pembinaan di Kecamatan Bumiaji selain dihadiri perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Batu, juga hadir pengurus Forum Kota Batu Sehat, pengurus Forum Komunikasi Kecamatan Bumiaji dan perwakilan pengurus Pokja Desa Sehat se Kecamatan Bumiaji.


Ketua Forum Kota Batu Sehat St. Catur Wicaksono sebagai narasumber saat ditemui di Pendopo Kecamatan Bumiaji Kamis (16/5/2023) menuturkan, “Pembinaan selama tiga hari ini kami sampaikan terkait penguatan kelembagaan Forum Komunikasi Kecamatan dan Pokja Desa Kelurahan. Dilanjutkan dengan pengajuan titik lokasi khusus atas usulan masing-masing pengurus Pokja Desa Kelurahan. Kami berharap pengurus Forum Komunikasi Kecamatan dan Pokja Desa Kelurahan yang hampir setiap minggu sudah melakukan kegiatan, harus bisa membuat laporan kegiatan berdasarkan program kerja yang telah direncanakan setahun sebelummya dan mampu membuat laporan keuangan.”


“Tujuan dari penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat (KKS) adalah terwujudnya Kabupaten/Kota yang aman, nyaman, bersih dan sehat. Penghargaan swasti saba yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali oleh kemendagri dan kemenkes diberikan kepada Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan program tatanan dalam kriteria KKS yaitu Wistara, Padapa, dan wiwerda, “tambahnya.

“Tatanan kabupaten kota sehat untuk saat ini ada 9 tatanan meliputi masyarakat sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, satuan Pendidikan, pasar, perkantoran dan perindustrian, pariwisata, transportasi dan tertib lalulintas jalan, perlindungan social serta tatanan pencegahan dan penanganan bencana. Tadi kami tawarkan tatanan yang akan diajukan oleh masing-masing Pokja Desa Kelurahan sesuai potensi yang ada di Desanya. Sebab tidak semua Desa Kelurahan yang ada di Kota Batu memenuhi 9 tatanan tersebut,” pungkas St. Catur Wicaksono mengakhiri penjelasannya. (Erwin)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment