News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Adakan Si BAPER, Untuk Tingkatkan Kualitas Penyelenggara Pemilu

Adakan Si BAPER, Untuk Tingkatkan Kualitas Penyelenggara Pemilu

Foto narasumber Ketua Panwascam Bumiaji Akhsanul Khitam saat menyampaikan presentasi

Kota Batu pintubatu.com – Jajaran Penyelenggara Pemilihan Umum se Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur mengadakan kegiatan Si Baper (Sinau Bareng Penyelenggara Pemilu) Sabtu (4/6/2023), bertempat di Balai Pertemuan Desa Giripurno. Dengan peserta sejumlah 38 orang terdiri dari anggota PPK Bumiaji, PPS Se Kecamatan Bumiaji, Panwaslu Kecamatan Bumiaji dan Panwaslu Desa Se Kecamatan Bumiaji.

Foto Zainul Anwar Ketua PPS Giripurno

Menurut Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) Desa Giripurno Zainul Anwar selaku moderator acara tersebut menyampaikan, “Sinau/belajar bersama yang di singkat SI BAPER ini telah kami rencanakan seminggu lalu saat Zoom Meeting antara Ketua PPS dengan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Bumiaji. Mengapa dinamakan SI BAPER? Karena aplikasi yang ada di KPU rata-rata memakai istilah SI, ada SIAKBA, SIPOL, SILON, dan SIDALIH, kami tidak mau ketinggalan dengan membuat SI BAPER. Kami sudah membuat kesepakatan bersama untuk kegiatan ini. Yaitu diadakan pertemuan setiap satu bulan sekali di minggu pertama, dengan tempat berbeda-beda setiap bulannya. Saat ini di Desa Giripurno untuk bulan depan di Desa Bulukerto.”


“Untuk pesertanya terdiri semua anggota PPK Bumiaji, anggota PPS Se Kecamatan Bumiaji, Panwaslu Kecamatan Bumiaji dan Pengawas Kelurahan Desa (PKD) Se Kecamatan Bumiaji. Kontribusi semua peserta diambil dari operasional masing-masing peserta baik datang maupun tidak datang diacara belajar bersama ini. Sedangkan untuk narasumber akan bergantian dari masing-masing penyelenggara bisa dari PPK, Panwaslu Kecamatan, PPS maupun PKD, “tutur Zainul.

Foto bersama semua peserta SI BAPER

Ketua PPK Bumiaji Rizal Imansyah Hilmi pada kata sambutannya menyampaikan, “Sinau Bareng Penyelenggara Pemilu Kecamatan Bumiaji ini dikemas dengan santai, dan sebagai wadah berdiskusi bisa terkait masalah tahapan pemilu atau bila ada permasalahan di lapangan bisa kita selesaikan bersama-sama. Pada intinya kita ingin menghindari pergesekan antara penyelenggara pemilu ditingkatan desa. Kalau bisa bertemu minimal sebulan sekali tentunya semua permasalahan akan mudah diselesaikan bersama-sama.”

Foto Akhsanul Khitam saat memberikan tanggapan pertanyaan peserta

Narasumber pertemuan pertama kali ini Ketua Panwaslu Kecamatan Bumiaji Akhsanul Khitam. Pada presentasinya Akhsanul Khitam berpesan kepada yang hadir, “Penyelenggara pemilu baik dibawah Lembaga KPU (Komisi Pemilihan Umum) maupun Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) harus netral dan tampak netral. Selama penyelenggaraan Pemilu untuk Kecamatan Bumiaji tingkat partisipasi pemilihnya tertinggi di Kota Batu hingga 78%.”


“Tiga kompetensi yang harus dimiliki oleh Penyelenggara Pemilu selain memiliki pengetahuan, dan ketrampilan juga harus memiliki nilai/sikap batin. Untuk jajaran dibawah KPU yaitu PPS dan PPK wajib belajar dan membaca UU Pemilu dan Peraturan KPU. Sedangkan dibawah jajaran Bawaslu selain harus membaca UU Pemilu dan Peraturan KPU, juga harus membaca Peraturan Bawaslu, UU ASN, UU Desa dan Peraturan Walikota yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu. Karena jajaran dibawah Bawaslu bagian mengkaji aturan. Upayakan untuk meminimalisir permasalahan. Dan jangan sampai membuat modifikasi aturan sendiri tanpa dasar peraturan yang ada, “pungkas Akhsanul Khitam. (Erwin)




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment