News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Panwaslucam Bumiaji, Sampaikan Sosialisasi Tahapan Dan Jadwal Pemilu 2024

Panwaslucam Bumiaji, Sampaikan Sosialisasi Tahapan Dan Jadwal Pemilu 2024

Foto saat pembawa acara Cahyono Hadi memandu tanya jawab

Pintubatu Jawa Timur - Dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Linmas (Perlindungan Masyarakat) ke 61, Kecamatan Bumiaji mengadakan Sosialisasi Empat Pilar, Keamanan, Ketertiban Masyarakat, Kerukunan Umat Beragama dan Sosialisasi Tahapan Jadwal Pemilu 2024. Bertempat di Pendopo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jum’at (12/5/2023).

Dihadiri oleh Camat Bumiaji Bambang Hari Suliyan SSTP, Danramil Bumiaji Kapten Inf Budi Sutrisno, Kapolsek Bumiaji AKP Suyatno dan Ketua Panwaslu Kecamatan Bumiaji Akhsanul Khitam. Juga diikuti oleh 10 orang perwakilan Linmas terdiri dari Kasatgas Linmas beserta anggotanya dari  9 desa di Kecamatan Bumiaji.

Foto para narasumber terdiri dari Kapolsek, Panwascam, Camat dan Danramil

Camat Bumiaji dalam sambutannya menyampaikan, “Linmas adalah filter pertama keamanan dan ketertiban masyarakat. Saat ini pengaruh IT (tekhnologi informasi) sangat mudah didapatkan masyarakat dan kalau ada informasi keliru kita yang membenarkan.”

Kapolsek Bumiaji menyampaikan materi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Sedangkan Danramil Bumiaji menyampaikan materi 4 pilar kebangsaan yang menjadi dasar dalam membangun bangsa Indonesia saat ini dan masa depan. Yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Danramil Bumiaji berharap, “Kalau ada permasalahan di Desa segera deteksi dini, cegah dini, dan lapor cepat. Sehingga permasalahan tidak berkembang.” 

Foto saat Danramil Bumiaji menyampaikan materinya

Ketua Panwaslu Kecamatan Bumiaji menyampaikan materi tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024.

Foto narasumber Ketua Panwaslucam Bumiaji

Akhsanul Khitam menyampaikan, “Pemilu untuk memilih anggota DPR RI, DPD, Presiden dan Wakil Presiden, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang dilaksanakan (14/02/2024). Tahapan saat ini penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) oleh KPU Kota Batu. Jumlah pemilih aktif se Kecamatan Batu 75.742, Kecamatan Bumiaji 48.218, Kecamatan Junrejo 40.959 dan jumlah se Kota Batu 164.919. Jumlah ini nanti akan ada perubahan hingga ditetapkan oleh KPU Daftar Pemilih Tetap. Perubahan terjadi karena adanya pengurangan warga yang meninggal dunia, dan adanya penambahan ketika anggota TNI /POLRI yang memasuki masa pensiun sehingga memiliki hak pilih.”

Foto Ketua Panwaslucam Bumiaji sebagai narasumber

“Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Batu 281, Kecamatan Bumiaji 179, Kecamatan Junrejo 154, se Kota Batu berjumlah 611 TPS, “tambahnya.

“Jumlah partai politik yang telah ditetapkan ada 24 Parpol termasuk 6 partai lokal Aceh. Di Kota Batu dari 18 Partai Politik, yang belum ada kepengurusan tingkat Kota Batu hanya Partai Buruh saja, “pungkas Aksanul Khitam. (Erwin)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment