News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Melalui Trip Wisata Edukasi, ELYSIAN dan BAJA Berkolaborasi Kenalkan Potensi Bumiaji

Melalui Trip Wisata Edukasi, ELYSIAN dan BAJA Berkolaborasi Kenalkan Potensi Bumiaji

Foto bersama dosen pengampu praktikum, pengurus inti BAJA, dan pengurus kepariwisataan desa, setelah kegiatan pitching dilaksanakan di Balai Desa Bumiaji. Dok ELYSIAN

Pintubatu Jawa Timur - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang jurusan Ilmu Komunikasi tengah melakukan persiapan praktik lapangan di Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. Delapan orang mahasiswa IKOM ini tergabung dalam sebuah kelompok praktikum yaitu ELYSIAN, yang pada program ini menggandeng BAJA (Bumiaji Amazing Jip Adventure) sebagai klien yang berkompeten.

Pemaparan program kolaborasi ELYSIAN dengan BAJA telah disampaikan di Balai Desa Bumiaji Jum’at (26/05/2023) yang dihadiri oleh dosen pembimbing Jamroji,S.Sos.,M.Comms., dan Maharina Novia Zahro, S.Ikom, M.Ikom serta didampingi oleh pihak BAJA yaitu Romy Tri Hartanto selaku Penasehat BAJA, dan Moch. Mashur selaku Ketua BAJA. 

Mahasiswa program studi Ilmu Komunikasi UMM telah melakukan banyak program pada klien eksternal dalam melakukan praktek lapangan, program yang dikemas secara menarik dan membanggakan nama kampus. Salah satu program praktik lapangan Public Relations-3 yang berhasil adalah Kampung Warna-Warni Jodipan, program ini telah memberdayakan seluruh masyarakat dengan mengubah kampung kumuh menjadi kampung wisata yang menarik karena memiliki sisi estetika tersendiri saat sudah di cat berwarna-warni. 

Foto pemaparan program oleh Galuh, anggota kelompok ELYSIAN di Balai Desa Bumiaji bersama anggota BAJA dan dosen pembimbing praktikum

Keberhasilan program yang dijalankan oleh mahasiswa UMM jurusan Ilmu Komunikasi ini tentu tidak lepas dari bimbingan dosen pengampu Jamroji,S.Sos.,M.Comms., yang senantiasa memberikan inspirasi dan arahan kepada mahasiswa untuk terus berpikir maju dan kreatif. 

Program kolaborasi ELYSIAN dengan BAJA ini diharapkan mampu membawa nama Desa Bumiaji termasuk BAJA sebagai salah satu BUMDES (Badan Usaha Milik Desa) di Desa Bumiaji untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki Desa Bumiaji. Pelaksanaan serta persiapan program ini dibimbing langsung oleh dosen pengampu  Jamroji,S.Sos.,M.Comms., dan Maharina Novia Zahro, S.Ikom, M.Ikom untuk menghasilkan program yang relevan dan menarik. 

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan para mahasiswa dan keantusiasan mereka dalam mempromosikan BAJA. Kami sangat suka terhadap program yang dibuat anak-anak semoga kedepannya dapat mengembangkan lebih baik lagi dan semoga eventnya dapat berjalan dengan lancar dan maksimal, ” ucap Romy Tri Hartanto penasehat BAJA. 


“Kegiatan kolaborasi ELYSIAN dan BAJA ini akan melaksanakan sebuah event trip offroad jip di bukit Jengkoang. Namun bukan hanya wisata trip seperti biasanya, tema yang diusung untuk kegiatan kolaborasi ini adalah memadukan seluruh potensi yang dimiliki oleh Desa Bumiaji, mulai dari bidang seni dan kebudayaan, serta potensi produk UMKM di Desa Bumiaji yang diproduksi oleh masyarakat sendiri. Perpaduan dan kolaborasi ini dikemas dalam satu wisata edukasi, diharapkan rute wisata edukasi ini dapat berkelanjutan karena sangat berpotensi bagi produk Bumiaji untuk dikenal oleh masyarakat luas, “ tutur Romy Tri Hartanto. 

Moch. Mashur Ketua BAJA menyampaikan, “Event Lelungan yang dirancang ELYSIAN ini dikemas secara fun dan menarik, menjadi sebuah perpaduan yang mencakup seluruh potensi dari Desa Bumiaji. Tidak hanya menikmati wisata alam dengan view Kota Batu yang sangat indah dari atas bukit Jengkoang. Namun edukasi mengenai pengolahan jambu kristal dan proses pembuatan batik juga akan menjadi rute trip edukasi ini. Selain itu penampilan dari sanggar kesenian Putro Rohjoyo juga dapat menghibur pengunjung wisata trip.”


Pengurus kepariwisataan Desa Bumiaji Badrus Aliyul Mochtarom menuturkan, “Saya bahagia dengan adanya kelompok mahasiswa ini dapat menyatukan sektor pariwisata (BAJA) dengan para pelaku UMKM yang ada di Desa Bumiaji. Saya juga berharap kedepannya kelompok mahasiswa ini tidak berhenti sampai event selesai saja, tapi juga dapat terus membantu dan berhubungan baik dengan Desa Bumiaji kedepannya.”

“Program yang dirancang ELYSIAN ini selain memberdayakan pelaku UMKM yang ada di desa Bumiaji, juga untuk turut mendukung jalannya rancangan event. Kelompok ELYSIAN senantiasa ingin memberikan wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan inovasi dan hasil produk.  Tujuan dari kolaborasi antara ELYSIAN dan BAJA untuk mengembangkan serta memperkenalkan produk dan potensi yang dimiliki oleh Desa Bumiaji agar dikenal oleh masyarakat luas, karena wisata dan produk Bumiaji ini rata-rata masih dalam tahap promosi. Seluruh masyarakat yang terlibat sangat antusias untuk turut mensukseskan program yang sudah dirancang hampir matang ini, “ tambah Mochtarom 


BAJA berharap dengan adanya kerja sama dengan ELYSIAN ini dapat meningkatkan reach media sosial milik mereka. “Saya juga sangat bahagia karena dengan adanya kelompok mahasiswa ini dapat menyatukan sektor pariwisata (BAJA) dengan para pelaku UMKM yang ada di Desa Bumiaji. Saya juga berharap kedepannya kelompok mahasiswa ini tidak berhenti sampai event selesai saja, tapi juga dapat terus membantu dan berhubungan baik dengan Desa Bumiaji kedepannya,” ucap Mashur selaku Ketua BAJA. 

“Melalui event “Lelungan” dalam bahasa Jawa yang berarti “Bepergian” diharapkan dapat memperkenalkan potensi desa Bumiaji terutama BAJA sebagai sektor yang bergerak di angkutan pariwisata yang menggandeng dan memberdayakan banyak pihak bersama pelaku UMKM dan sanggar kesenian Putro Rohjoyo yang juga turut mensukseskan kegiatan ini, “jelasnya. 


“Diharapkan dengan adanya program ini, potensi yang dimiliki oleh desa Bumiaji dapat menjadi sorotan utama bagi publik dan diakuisisi bahwa Bumiaji memiliki pesona yang luar biasa. Bukan hanya keindahan alamnya yang menarik namun juga wisata edukasi dan produk UMKM yang potensial, “pungkas Mashur. 



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment