News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Komunitas Relawan Belajar Bersama Di Aula BPBD Kota Surabaya

Komunitas Relawan Belajar Bersama Di Aula BPBD Kota Surabaya

 


Surabaya Jawa Timur - Penanganan cedera akibat kecelakan membutuhkan tindakan yang cepat dan tepat, melalui upaya pertolongan pertama gawat darurat (PPGD). Upaya ini sebagai bantuan langsung yang diberikan kepada seseorang yang mengalami kondisi darurat seperti terluka atau sakit dengan tujuan meningkatkan harapan hidup dan mencegah trauma lebih lanjut. 

Orang yang memberikan pertolongan pertama haruslah memiliki pengetahuan dan kemampuan yang memadai sesuai dengan kondisi kegawatdaruratan. Keterlambatan pemberian pertolongan pertama dapat memperkecil harapan hidup atau memperparah kondisi korban.


Untuk itu, dalam upaya meningkatkan kapasitas  relawan di Surabaya, beberapa komunitas relawan Kota Surabaya bekerjasama dengan BPBD Kota Surabaya mengadakan kegiatan Sharing Session PPGD dan Praktek LDP, di Aula BPBD Surabaya Sabtu (18/02/2023).

Dalam Sambutannya,  Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Kota Surabaya, mengatakan bahwa selama ini ada kesan antara komunitas relawan dan BPBD, belum terjadi koordinasi dan komunikasi dengan baik, itu dikarenakan belum saling mengenal satu sama lain. 

“Alhamdulillah kawan-kawan relawan telah mengingatkan kami dengan membuat kegiatan yang sangat bermanfaat. Kedepan, silahkan membuat kegiatan di BPBD karena ini rumah kita bersama. Karena sudah kenal, dipersilahkan membantu kami menginformasikan kejadian apa saja kepada kami, termasuk potensi bencana, agar segera ditindak lanjuti,” ujarnya.


Masih menurut pria murah senyum itu, kegiatan yang pertama ini merupakan awal yang baik dalam rangka meningkatkan ketangguhan masyarakat menuju Surabaya aman bencana. 

Kegiatan yang diikuti oleh 140 peserta dari berbagai komunitas relawan ini dipandu oleh narasumber yang mumpuni di bidangnya. Dengan gayanya yang menarik mereka mengupas tentang praktek PPGD dan layanan psikososial di tempat pengungsian.

Peserta saat antusias dalam mengikuti penjelasan dari kedua narasumber, Roy Tugas, dari Posko Bersama Relawan Surabaya, dan Arya, dari Egrang Community. Peserta juga aktif bertanya dan mempraktekkan segala arahan dari narasumber. Apalagi disediakan door prize yang menarik.


Hatta, mewakili Team Reaksi Cepat (TRC) 911 mengucapkan terima kasih banyak atas ilmu dan pengalaman yang diberikan oleh narasumber. Tidak lupa juga berterimakasih kepada panitia atas undangannya.

“Semoga ilmu yang diberikan dapat mempermudah kami dalam membantu orang lain. Kepada pihak BPBD terima kasih atas fasilitas yang diberikan. Mungkin kedepan perlu ada penambahan kipas angin, agar ruangan semakin nyaman,” pungkasnya. [Ebas}


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment