News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Disabilitas Ikuti Tes Wawancara Calon Panwaslu Kelurahan Desa, Didampingi Juru Bahasa Isyarat

Disabilitas Ikuti Tes Wawancara Calon Panwaslu Kelurahan Desa, Didampingi Juru Bahasa Isyarat


Kota Batu Jawa Timur – Ada yang terlihat cukup menarik dari tes wawancara calon Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) dihari kedua yang diadakan Panwaslu Kecamatan Batu Rabu (1/2/2023) di Aula Kantor Kecamatan Batu. Salah satu peserta dari Kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu merupakan peserta dengan keterbatasan bicara (difabel). Namun hal tersebut tidak membatasi Yuni Rahmawati untuk mendaftarkan diri sebagai Pengawas Pemilu ditingkat Kelurahan/ Desa pada Pemilu 2024, karena Panwaslu Kecamatan Batu menghadirkan Juru Bahasa Isyarat.

Juru Bahasa Isyarat menyampaikan pertanyaan dari Ketua Panwaslucam Batu

Ketua Bawaslu Kota Batu Abdur Rochman ST, lewat sambungan selulernya menyampaikan, "Pemilu merupakan milik seluruh lapisan masyarakat, sehingga semua orang berhak untuk berpartisipasi. Kami selaku pengawas tingkat kota memastikan bahwa seluruh peserta terlayani dengan baik oleh Panwaslu Kecamatan yang memiliki otoritas melaksanakan tes, dan peserta dapat mengikuti tes wawancara sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Karena di Kecamatan Batu ada peserta wawancara yang difable maka Panwaslu Kecamatan Batu memiliki kewajiban untuk menghadirkan juru bahasa isyarat" 

Sedangkan secara terpisah, M. Rizal Fakhruddin Ketua Panwaslu Kecamatan Batu mengapresiasi adanya salah satu peserta tes wawancara seorang difabel. ”Dengan hadirnya salah satu peserta difabel artinya pemilu benar-benar untuk seluruh warga, tidak hanya untuk segelintir kelompok saja, “tuturnya.


"Kendala dalam berkomunikasi jelas ada, tetapi dengan adanya juru bahasa isyarat menjadi penjembatan komunikasi kami saat wawancara menjadi lancar, dan Mbak Yuni merupakan sekian banyak pendaftar yang lolos seleksi administrasi, sehingga berhak ikut tes wawancara. Mbak Yuni mampu berdiskusi selama batas waktu yang disediakan yaitu selama kurang lebih 20 menit” tambahnya. 

Yuni Rahmawati saat memberikan tanggapan dengan bahasa isyarat

“Pelaksanaan tes wawancara yang dilaksanakan Panwaslu Kecamatan Batu diikuti oleh 35 orang peserta dari 8 Kelurahan/ Desa yang berada di wilayah Kecamatan Batu selama 2 hari dan dibagi 2 sesi setiap harinya. Rapat Pleno Penetapan Calon Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa terpilih akan dilaksanakan Jum’at (03/02/2023) dan Pengumuman Panwaslu Kelurahan/Desa terpilih Sabtu (04/02/2023), “pungkas M. Rizal Fakhruddin. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment