News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Warga Junggo Berhasil Mengelola Ambulan Swadaya, Berencana Patungan Beli Mobil Siaga

Warga Junggo Berhasil Mengelola Ambulan Swadaya, Berencana Patungan Beli Mobil Siaga

 

Rapat Pengelola Ambulan Swadaya Junggo dihadiri Kepala Dusun Ketua RW, Ketua RT dan Tokoh Masyarakat.

Kota Batu Jawa Timur – Mobil Ambulan Swadaya Masyarakat Dusun Junggo Desa Tulungrejo sudah berlangsung hampir 1,5 tahun. Dalam rangka keterbukaan pengelolaan keuangan, pengurus Pengelola Ambulan Swadaya Junggo sengaja mengundang Kepala Dusun Junggo, Ketua RW, Ketua RT dan perwakilan Tokoh Masyarakat Minggu (8/1/2023) bertempat di Balai Dusun Junggo Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Selain menyampaikan laporan keuangan selama tahun 2022 juga untuk menyepakati program kerja tahun 2023.

Ketua Pengelola Mobil Ambulan Swadaya Junggo Suparman yang hadir didampingi Bendahara Pendeta Mikhail Muludin dan Sekretaris Arif Erwinadi. Suparman menyampaikan, “Penggunaan Mobil Ambulan Junggo selama ini diperuntukkan untuk warga Junggo secara gratis, demikian juga bila ada warga selain warga Dusun Junggo yang memerlukan perlakuannya tetap sama tidak menentukan tarifnya. Kalau untuk penggunaan jarak jauh kami berharap bagi yang menggunakan agar memberikan uang saku untuk sopirnya, dan bisa mengisi uang kas untuk biaya operasional seikhlasnya. Apabila memang tidak mampu, kami juga menggratiskannya.”


Kalau ada kurang puas dalam pelayanan pemakaian ambulan agar disampaikan kepada pengurus karena ambulan ini milik semua masyarakat Dusun Junggo, “tambah Suparman.. 

Suliadi Modin Junggo menambahkan, ““Sewaktu pengurus Pengelola terbentuk ada salah seorang pengurus yang menyampaikan keluhannya terkait biaya operasional dan biaya perawatannya. Di Dusun Junggo selama ini telah ada adat setelah proses pemulasaran jenazah dlakukan sholat jenazah, dan ada namanya takir yang berisikan kelengkapan ritual jenazah, didalamnya terkadang terdapat amplop berisikan uang yang sebenarnya menjadi haknya Modin. Saya tidak menggunakan uang tersebut untuk kepentingan pribadi tetapi saya serahkan kepada Bendahara Pengelola Ambulan untuk biaya operasional seperti beli BBM, ganti ban, servis mobil, ganti oli dan sebagainya.

Sedangkan Kepala Dusun Junggo Nurhadi pada rapat tersebut menuturkan, “Pengelolaan Ambulan Swadaya Junggo ini sudah dapat dirasakan manfaatnya bagi anggota keluarganya yang berada diluar Kota Batu meninggal dunia langsung bisa memanfaatkan dengan menghubungi pengurus secara langsung. Kami sangat berterimakasih kepada para pengurus pengelola ambulan swadaya ini yang mau bekerja tanpa pamrih.”


“Ada usulan dari beberapa tokoh masyarakat Junggo yang langsung disampaikan ke saya, karena sudah terbukti manfaat dari Ambulan ini bagi warga yang membutuhkan. Selanjutnya bisa melakukan patungan secara Swadaya untuk membeli mobil Siaga yang nantinya bisa dipergunakan oleh warga Junggo yang sakit atau mau melahirkan membutuhkan kendaraan ke rumah sakit, “pungkasnya.

Bendahara Ambulan Swadaya Junggo Pendeta Mikhail Muludin membacakan laporan keuangan selama tahun 2022. “Masih terdapat saldo uang Kas Rp 8 juta an, Apabila ada rencana membeli mobil Siaga tentunya masih dibutuhkan patungan yang nilainya cukup besar. Kami pengurus Ambulan Swadaya dengan tangan terbuka akan menerima, kalau ada donasi dari warga masyarakat Junggo yang punya rejeki berlebih. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment