News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

KPU Kota Batu Mengadakan Tes Tulis CAT Untuk Calon PPS Se Kota Batu

KPU Kota Batu Mengadakan Tes Tulis CAT Untuk Calon PPS Se Kota Batu

 

Peserta calon PPS mengerjakan tes tulis CAT

Kota Batu Jawa Timur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu Jum'at (6/1/2022) mengadakan seleksi tertulis CAT untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) bertempat di SMA Negeri 1 Kota Batu. Jumlah peserta yang lolos seleksi administrasi yang berhak mengikuti tes CAT 250 orang. Tes tulis CAT sesuai jadwal mulai jam 08.00 s.d 16.30 ada 4 gelombang dan pergelombangnya terbagi 2 ruangan yaitu di ruangan Laboratorium Multimedia dan di ruangan Laboratorium Bahasa. Sebelum memasuki ruangan peserta tes tulis mengisi daftar hadir dan menyerahkan berkas hardcopy lamaran dan persyaratan yang telah ditentukan di SIAKBA.

Ketua KPU Kota Batu, bersama 2 orang anggota KPU Kota Batu sedang berdiskusi dengan Panwaslu Kecamatan Bumiaji dan Kecamatan Batu

Tampak hadir dilokasi tes CAT selain Ketua KPU Kota Batu Mardiono, juga 4 orang anggota KPU Kota Batu, PPK Kecamatan Batu, Staf KPU Kota Batu, Bawaslu Kota Batu bersama-sama Panwaslu Kecamatan untuk melakukan pengawasan melekat. 

Untuk Kecamatan Bumiaji ada 9 Desa dengan jumlah pendaftar 93 orang terdiri 43 orang laki-laki dan 50 orang perempuan. Salah seorang peserta tes tulis jenis kelamin perempuan Deny Setyorini dari Desa Pandanrejo yang juga mantan PPS pada Pemilu periode sebelumnya menyampaikan, “Jumlah soal CAT yang ditanyakan ada 75 soal dengan waktu pengerjaannya 90 menit. Sebagai incumbent tentunya saya berharap masih bisa lulus tes CAT dan lulus tes wawancara.”

Sebelum memasuki ruangan peserta mengisi daftar hadir 

Sedangkan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batu Yogie Eka Chalid Farobi saat ditemui menuturkan, “Kami sangat mengapresiasi kinerja panitia seleksi PPS KPU Kota Batu, karena setiap selesaI tes CAT per dua gelombang selesai nilainya langsung ditempelkan di papan pengumuman sehingga baik peserta, Bawaslu maupun Panwaslu bisa langsung mengetahui hasilnya.”

“Kami sangat menyayangkan ada beberapa peserta test CAT yang tidak hadir mengikuti tes tulis misalnya di gelombang 1 ada 15 orang dan di gelombang 2 ada 7 orang, hal ini terkesan mereka menyerah sebelum bertanding. Untuk masyarakat masih ada kesempatan untuk memberikan tanggapan kepada peserta yang nantinya nilainya per desa/kelurahan terbaik ranking 1 sampai dengan 6 dan tanggapan bisa disampaikan hingga tgl 14 Januari 2023, “tambah Yogi.

Salah seorang PPK Kecamatan Batu mencermati pengumuman nilai tes tulis

 Staf Subbag Hukum dan Pengawasan KPU Kota Batu Sudari lewat sambungan selulernya saat dikonfirmasi menyampaikan, “Calon PPS yang lolos tes administrasi sejumlah 250 orang, namun sampai dengan tes tulis berakhir sebanyak 33 orang tidak hadir. Tes tulis  ini berformat Computer assisted Tes (CAT), yaitu peserta harus menjawab 75 soal pilihan ganda dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.” (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment