News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Walikota Batu Berharap Sentra Gakkumdu Berikan Peran Pendidikan Politik Bagi Peserta Pemilu

Wakil Walikota Batu Berharap Sentra Gakkumdu Berikan Peran Pendidikan Politik Bagi Peserta Pemilu

Wakil Walikota Batu pada saat menyampaikan kata sambutan

 Kota Batu Jawa Timur – Wakil Walikota Batu Ir. H. Punjul Santoso, MM membuka acara Sosialisasi Penanganan Pelanggaran Pidana pada Tahapan Pemilihan Umum tahun 2024 dan launching Sentra Gakkumdu Kota Batu, Kamis (8/12/2022) di Royal Orchids Garden Hotel dan Condominium Batu.

Dalam membacakan kata sambutan Walikota Batu yang sekaligus membuka acara,  Wakil Walikota Batu menyampaikan permohonan maaf Ibu Walikota Batu tidak bisa hadir karena ada acara di Jakarta. “Atas nama pribadi, atas nama pemerintah Kota Batu dan atas nama masyarakat, saya memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini, dimana merupakan penguatan awal dari asistensi kelembagaan serta penegakan hukum terpadu yang disingkat Gakkumdu. Dengan adanya Gakumdu seperti yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Kota Batu bahwa sudah tidak sendirian, sekarang sudah ada mitra kerjanya yaitu dari Kejaksaan maupun dari Kepolisian. Yang mana ketiga lembaga ini nanti berkoordinasi dengan tetap menjaga kemandirian masing-masing lembaga. “tuturnya. 


“Dalam menyamakan satu pemahaman dan mengartikan peran pengaturan pelanggaran pemilu yang selama ini menjadi persoalan maka penegakan pidana pemilu akan dijamin secara efektif jika ada regulasi penanganan pelanggaran yang efektif dan aplikatif sehingga mampu mengatasi hambatan dalam pelaksanaan tugas. Oleh sebab  itu Sentra Gakkumdu harus mengambil peran strategis pendidikan politik bagi seluruh masyarakat peserta Pemilu, dimana sebagai wadah menumbuhkan lembaga publik dalam mengawasi berbagai penyimpangan dan penyelenggaraan pemilu.” tuturnya.


“Saya berharap dinamika pelaksanaan pemilu 2024 nantinya dapat berjalan dengan aman, tertib dan juga tidak lagi mengandalkan politik identitas yang mengarah pada suku, agama, ras antar golongan. Oleh sebab itu untuk mewujudkan itu dibutuhkan kerjasama dari semua pihak tanpa terkecuali terutama dari Bawaslu, Polri dan Kejaksaan karena keadilan merupakan spirit dari penyelenggaraan Pemilu. Oleh sebab itu dibutuhkan sinergitas untuk mewujudkannya. Sesuai amanat UU 1945 bahwa Indonesia ini menganut sistem politik demokrasi, oleh sebab itu sepatutnya Pemilu berjalan sesuai aturan perundang-undangan. Adanya Sentra Gakkumdu ini dapat menyelaraskan tugas untuk menangani pelanggaran pidana pemilu mulai dari penyidikan, penuntutan dan eksekusi keputusan pengadilan. Berharap Gakkumdu dapat menangani pidana Pemilu khususnya di Kota Batu ini untuk lebih baik lagi kedepannya, “ tutup Wakil Walikota dalam mengakhiri kata sambutannya. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment