News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pengukuhan Duta Pelajar Antikorupsi Oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Pengukuhan Duta Pelajar Antikorupsi Oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Duta Pelajar Antikorupsi foto bersama Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur

Sidoarjo Jawa Timur - Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong generasi muda untuk terus meningkatkan potensi dan kemampuan diri. Untuk itu diperlukan sarana yang tepat bagi generasi muda untuk mengasah pengetahuan mereka melalui sebuah metode belajar yang variatif dan tidak membosankan termasuk dalam menumbuhkan sikap Antikorupsi dengan menanamkan 9 nilai Antikorupsi di dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini merupakan sebuah program KPK untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang bebas korupsi. 

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur merancang sebuah kegiatan Pemilihan Duta Pelajar Antikorupsi Tahun 2022 tingkat SMA/SMK sederajat guna menambah wawasan dan pengetahuan serta memotivasi mereka untuk belajar dan menumbuhkan sikap bebas korupsi sejak dini dengan pengetahuan yang mereka dapatkan melalui kegiatan pemilihan duta pelajar Antikorupsi. Kegiatan ini akan mengasah pengetahuan umum yang dikaitkan dengan praktek nyata kehidupan sehari-hari tentang pengetahuan, sikap dan perilaku Antikorupsi. Tema kegiatan “Generasi Muda Bergerak Melawan Korupsi” dipilih karena konsep acara ini merupakan kegiatan pendidikan yang di ikuti oleh seluruh pelajar SMA & SMK terpilih dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. 

Duta Pelajar Antikorupsi dari Kota Batu bersama Rokhmawati Nuraini, S.Sos.S.Pd.MM Guru Pendamping SMKN 1 Batu  dan Anas Bachtiar, S.Pd.,Gr Guru pendamping SMA N 1  Batu 

Menurut Guru Pendamping dari SMK Negeri 1 Kota Batu Rokhmawati Nuraini, S.Sos.S.Pd.MM, menyampaikan, “Untuk pengukuhan Duta Pelajar Antikorupsi diikuti 38 (tiga puluh delapan) pasang perwakilan dari masing-masing Kabupaten Kota di Jawa Timur oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bapak Dr. Ir. WAHID WAHYUDI, MT Selasa malam (29/11/2022) bertempat di Fave Hotel Sidoarjo, Jl. Jenggolo No. 15 Sidoarjo yang diikuti oleh 1 (satu) Guru pendamping.” 

“Persyaratan peserta yaitu peserta perorangan yang sudah direkomendasikan oleh Cabang Dinas Pendidikan di wilayah Kabupaten/Kota se Jawa Timur. Untuk cabang dinas wilayah Malang yang meliputi Kota Batu dan Kota Malang telah terpilih duta pelajar atas nama Vivian Stella Candani dari SMK Negeri 1 Kota Batu, Farrel Toriq Adiaksyah dari SMA Negeri 1 Kota Batu, Thanisa Gelsi Laiqa Azura dari SMA Negeri 8 Kota Malang dan Irvan Nabil Firdaus dari SMK Negeri 4 Kota Malang. Peserta merupakan peserta didik aktif dari Satuan Pendidikan SMA/SMK. Setiap peserta mengirimkan 1 (satu) karya tulis, dengan ketentuan Karya tulis ilmiah dikirimkan dalam bentuk softfile format pdf. Penilaian telah dilaksanakan (24/11/ 2022) di Maspion Square Jl. Ahmad Yani No.73, Surabaya melalui tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda dan penilaian karya tulis untuk menentukan 10 pasang (10 peserta putra dan 10 peserta putri) terbaik sebagai Finalis Duta Pelajar Antikorupsi Jatim untuk mengikuti penilaian tahap selanjutnya, “tuturnya

Duta Pelajar Antikorupsi dari Kota Batu bersama Rokhmawati Nuraini, S.Sos.S.Pd.MM Guru Pendamping SMKN 1 Batu  dan Anas Bachtiar, S.Pd.,Gr Guru pendamping SMA N 1  Batu 

Senin (28/11/2022) telah diumumkan 10 (sepuluh) pasang Finalis Duta Pelajar Antikorupsi Tahun 2022 untuk jenis kelamin laki-laki yaitu Muhammad Assyifa Savana SMAN 1 Kabupaten Pacitan, Hanif Rifqi Ridho Siswanto SMAN 1 Srengat Kabupaten Blitar, Muhammad Syamaidzar Al Ghitrif SMAN 2 Kota Mojokerto, Dirda Agilo Trayoan Teas SMA Negeri 1 Glagah, Achmad Nurul Falah Indriyanto SMAN 1 Gresik, Muhammad Ilham Kawalib SMAN 2 Bangkalan, Daffa Majesta Putra Narindra SMAN 1 Probolinggo, Abdullah SMAN 1 Situbondo, Ernes Rizki Hidayatulloh SMAN 1 Sooko Kab. Mojokerto, dan Mahardhika Aryasatya Briet SMAN 1 Surabaya. Finalis Duta Pelajar Antikorupsi Tahun 2022 untuk jenis kelamin perempuan antara lain Bilgis Bilbina Putrie Johan SMAN 1 Gresik, Imelda Yuniar Salsabilla Putri SMAN 1 Giri Kab. Banyuwangi, Thanisa Gelsi Laiqa Azura SMA Negeri 8 Kota Malang, Amanda Ages Kusuma Nailin SMAN 1 Srengat Kab. Blitar, Kandi Aliya SMA Negeri 1 Kedungwaru Kab. Tulungagung, Audy Aulia Sudrajat SMAN 1 Pacitan, Lintang Virdianti SMKN 1 Lamongan, Aufa Luqyana Zain SMAN 1 Kota Mojokerto, Keren Azzahra SMAN 1 Bangkalan, dan Imelda Egaletta Winoto SMAN 1 Puri Kab. Mojokerto. 

Vivian Stella Candani dari SMK Negeri 1 Kota Batu,
dan Farrel Toriq Adiaksyah dari SMA Negeri 1 Kota Batu

“Penilaian pada tahap Final dilakukan melalui wawancara dan presentasi karya tulis ilmiah yang meliputi: metode, ketepatan waktu, dan kesesuaian materi presentasi dengan isi naskah karya tulis ilmiah. Dilakukan oleh tim juri yang kompeten, untuk memilih 5 (lima) peserta terbaik putra dan 5 peserta terbaik putri untuk dinobatkan sebagai Duta pelajar anti korupsi Jawa Timur Tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 29-30/11/ 2022 di Hotel Fave Sidoarjo. Untuk menentukan Juara 1, 2 dan 3 serta Juara harapan 1 dan 2 Duta pelajar anti korupsi Jawa Timur 2022, akan dilakukan melalui wawancara oleh Tim Juri dari KPK tanggal (1 s.d 2 /12/2022) di Alun-alun kota Surabaya bersamaan dengan puncak peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) di Jawa Timur, “pungkas Rokhmawati Nuraini, S.Sos.S.Pd.MM. (Erwin)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment