News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum Kota Batu Sehat, Siap Menghadapi Verifikasi Nasional Tahun 2023

Forum Kota Batu Sehat, Siap Menghadapi Verifikasi Nasional Tahun 2023

Presentasi oleh Ketua Forum Kota Batu Sehat

Kota Batu Jawa Timur – Dalam rangka mendukung pelaksanaan program pemenuhan upaya kesehatan perorangan dan masyarakat tahun 2022, Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu mengadakan kegiatan penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat dengan kegiatan penyusunan rencana kerja. Kegiatan tersebut telah berlangsung selama 2 hari Selasa – Rabu (22 s.d 23/11/2022) bertempat di Ruang Bina Praja Rumah Dinas Walikota Batu di Jl Panglima Sudirman No. 98 Kota Batu. Peserta terdiri dari perwakilan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) selaku tim Pembina Forum Kota Batu Sehat, pengurus dan anggota Forum Kota Batu Sehat, Forum Kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) Desa Kelurahan se Kota Batu dengan jumlah peserta kurang lebih 80 orang.

Ketua Forum Kota Batu Sehat St. Catur Wicaksono pada saat mengisi materi Rabu (23/11/2022) menyampaikan kesiapan dari pengurus dan anggota Forum Kota Batu Sehat beserta jajarannya ditingkatan Kecamatan dan Desa Kelurahan di Kota Batu Jawa Timur untuk Persiapan Verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) tingkat Nasional tahun 2023. 


“Berdasarkan surat Kementerian Dalam Negeri No. 440/2007/Bangda (22/03/2022) tentang pemberitahuan awal pelaksanaan verifikasi Kabupaten Kota Sehat Tahun 2023 akan dilakukan verifikasi Kabupaten Kota Sehat tingkat nasional bagi kabupaten kota yang telah diverifikasi oleh tim verifikator Kabupaten Kota Sehat tingkatan Provinsi Jawa Timur, “tuturnya.

Menurut Ketua Forum Kota Batu Sehat St. Catur Wicaksono, “Saat ini sedang dipersiapkan Peraturan Presiden tentang Kabupaten Kota Sehat, sehingga kedepannya posisi Ketua Tim Pembina Kabupaten Kota Sehat  akan di Ketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) yang saat ini di Ketuai oleh Kepala Bappelitbangda. Semoga ke depannya  dukungan dari masyarakat semakin menguat.”


“Untuk tahun 2023 syarat untuk mengikuti verifikasi Kabupaten Kota Sehat tingkat Nasional harus Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan minimal 80% desa kelurahan ODF untuk tingkatan Swastisaba Padapa, minimal 90% desa kelurahan ODF untuk tingkatan Swastisaba Wiwerda dan minimal 100% desa kelurahan ODF untuk tingkatan Swastisaba Wistara. Kondisi Kota Batu saat ini sudah 100% ODF, “tambahnya.

“Untuk persiapan kelembagaan, pengurus Forum Kota Batu Sehat akan mengadakan kunjungan dan pembinaan  kepada  Pokja Desa Kelurahan khusus, yang nantinya akan ketempatan sebagai titik lokus. Rencananya verifikasi Nasional pelaksanaannya dimulai hari Senin sd Jumat, untuk Forum Kota Sehat  akan mengadakan Pendampingan kepada Pokja terkait kelengkapan dokumen, dan pendampingan Program Kerja Pokja. Sedangkan untuk penyusunan Rencana Kerja tahun 2024 ada agenda pertemuan khusus. Juga kami berharap ada pembinaan juga untuk Forum Kota Batu Sehat dari tim Pembina, “pungkasnya. (Erwin)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment