News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sambang Dulur Sinau Bareng (SDSB), Program Unggulan Forum PRB Jawa Timur

Sambang Dulur Sinau Bareng (SDSB), Program Unggulan Forum PRB Jawa Timur

 


Kota Batu Jawa Timur – Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Jawa Timur mempunyai program kegiatan unggulan yang telah direalisasikan sejak tahun 2021. Hal tersebut disampaikan oleh Endi Suhadi Staff Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu yang kebetulan juga salah seorang pengurus Forum PRB Jawa Timur.

Saat ditemui di Kelurahan Temas Tangguh Bencana Kecamatan Batu Kota Batu Senin (12/9/2022) Endi Suhadi menuturkan, “Sambang Dulur Sinau Bareng (SDSB) itu digagas pada tahun 2021 disaat saya ditunjuk sebagai Koordinator Bidang Penguatan Kapasitas Forum PRB Jawa Timur. Saya berfikir bagaimana Forum PRB Jawa Timur maupun Forum PRB Kabupaten Kota ini bisa sinau bareng (belajar Bersama) dengan Forum PRB yang berada di Desa atau Kelurahan. Artinya kita yang ditunjuk sebagai pengurus di Provinsi atau di Kabupaten Kota menjadi orang hebat, itu tidak. Tetapi orang hebat itu ada dimana-mana, makanya saya bilang sambang dulur sinau bareng  artinya mengunjungi saudara untuk belajar bersama. Karena kita sama-sama saling membutuhkan antara pengurus tingkat provinsi, kabupaten kota maupun desa kelurahan. Disinilah egoisme hilang dan hancur, tapi kebersamaan dan semangat kebersamaan tertuang dalam SDSB.”

“Untuk SDSB di Kota Batu memang kurang gencar, mohon maaf karena Forum PRBnya kurang begitu. Cuma kami sudah melakukan seperti di Kelurahan Dadaprejo sudah kita lakukan SDSB dua minggu yang lalu. Kami juga menunggu Forum PRB Desa Kelurahan untuk mengundang SDSB sebab itu tidak perlu memikirkan honornya pemateri, makan (konsumsinya) yang penting jagongan, tidak usah resmi, menggelar tikar, duduk lesehan, ada kopi dan ngobrol.”tuturnya.


“Sementara di Forum PRB Kota Batu hanya di Kelurahan Dadaprejo, harapannya diundang juga oleh Forum PRB Desa Kelurahan yang lain karena ini nyaman dan nyantai. Justru yang nyantai dan tidak seremonial itu biasanya akan nyantol untuk masyarakat desa kelurahan karena  bebas berbicaranya. Di Kecamatan Bumiaji pada saat saya mengisi materi ada usulan mereka minta ada Kemah Silahturahmi relawan. Disitu kita akan kemah masing-masing Forum PRB Desa Kelurahan se Kecamatan Bumiaji akan tetapi kalau Forum PRB Kelurahan Temas, Sisir dan Dadaprejo ikut juga ngak apa-apa. Itu rencananya akan kemah, masak sendiri, makan sendiri, jagongan ngopi dan yang dibicarakan tentang kebencanaan. “tambahnya.


“Untuk Forum PRB Kota Batu keberadaannya ada dengan Surat Keputusan Walikota, kepengurusannya juga jelas tetapi belum maksimal. Ini perlu perbaikan-perbaikan, makanya saya bilang Forum PRB Kabupaten Kota itu belum tentu lebih hebat. Oleh sebab itu saya muncul ide sambang dulur sinau bareng  karena tidak ada yang hebat dan tidak ada yang bodoh dan kita saling belajar, “pungkasnya. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment