News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Desa Wisata Punten Terus Berinovasi, Dan Telah Siap Menerima Kunjungan Wisatawan

Desa Wisata Punten Terus Berinovasi, Dan Telah Siap Menerima Kunjungan Wisatawan

 

Kepala Desa Punten saat menerima Forum Kota Batu Sehat, Bappelitbanda dan Dinas Pariwisata

Kota Batu Jawa Timur – Dalam rangka persiapan menjelang verifikasi lapangan Kabupaten Kota Sehat tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022, Forum Kota Batu Sehat bersama-sama tim Pembina dari Bappelitbangda dan Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Batu telah mengadakan kunjungan ke Pemerintah Desa Punten guna melihat kesiapan Desa Wisata Punten menjadi salah satu titik lokus.

Mereka diterima oleh Kepala Desa Punten Hening Trisunu di Kantor Kepala Desa Punten Senin (5/9/2022). Kepala Desa Punten menjelaskan bahwa untuk pengelolaan Desa Wisata Punten dikelola oleh Unit Pengelola Desa Wisata dengan Ketuanya Suwito yang merupakan unit usaha dibawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Punten. “Kepengurusan BUMDes Punten masih dalam proses perubahan sebab perubahan bentuk badan usahanya saat ini sudah harus berbadan hukum. Dengan disahkannya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, maka BUMDes telah sah dinyatakan sebagai badan hukum. Dengan begitu, BUMDes dan BUMDesa Bersama memiliki keleluasaan dalam menjalin kerja sama dengan sejumlah mitra dalam pengembangan bisnis.”


“Untuk Peraturan Desa (Perdes) tentang BUMDes harus berbadan hukum sudah dibuat perubahannya bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Punten. Jadi saat ini unit usahanya sudah berjalan, sedangkan BUMDesnya masih dalam proses untuk memilih perubahan pengurus yang baru, “tuturnya.

Suwito Ketua Unit Pengelola Desa Wisata Punten juga menambahkan, “Desa Wisata Punten awalnya dimulai dengan mengelola Kampung Wisata Dusun Kungkuk, setelah itu Pemerintah Desa Punten mengembangkan pembangunan Kampung Wisata Dusun Payan. Kampung Wisata Dusun Payan sudah dilengkapi dengan bangunan Pendopo, Caffee D Lumpang dan TPST 3R (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Reduce, Reuce, Recycle) sehingga bisa dipergunakan sebagai wisata edukasi pengelolaan sampah. 

Pertashop di Dusun Gempol Desa Punten dibangun tahun 2021

Juga di Dusun Gempol telah dibangun Rest Area lengkap dengan Pertashop. Pertashop (Pertamina Shop) merupakan agen distribusi kecil yang melayani konsumen di tingkat desa Punten atau daerah di luar jangkauan daerah SPBU. Pertashop berfungsi sebagai lembaga penyalur SPBU di tingkat Desa Punten yang merupakan salah satu unit usaha BUMDes. SPBU mini ini hanya menjual BBM non subsidi yaitu  jenis Pertamax.”


“Selama pandemi Covid-19 selama 2 tahun tidak ada pengunjung ke Desa Wisata Punten, saat ini sudah mulai ada pengunjung yang datang. Untuk rencana kunjungan dari Jakarta sudah mulai menghubungi kami, dan kami sampaikan silahkan nanti datang ke Desa Wisata Punten setelah pandemi Covid 19 sudah benar-benar dinyatakan aman oleh Pemerintah Pusat, “pungkas Suwito. (Erwin)



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment