News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

PTSL Salah Satu Program Unggulan, Kepala Desa Bulukerto Terpilih

PTSL Salah Satu Program Unggulan, Kepala Desa Bulukerto Terpilih


 Kota Batu Jawa Timur – Kepala Desa Bulukerto terpilih Suhermawan, S.I.Kom hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Minggu (28/8/2022) yang lalu pada saat ditemui dikediamannya di Dusun Kliran Desa Bulukerto Rabu (7/9/2022) menyampaikan beberapa program kerja yang akan dilakukan setelah resmi dan dilantik oleh Walikota Batu pada bulan Oktober 2022 mendatang.

Program kerja yang akan dilaksanakan tersebut sebagai terobosan untuk melakukan perubahan kondisi yang sudah berlangsung selama ini. Suhermawan, S.I.Kom mengatakan, “Perubahan yang pertama yaitu kami akan menyelenggarakan dan mempersiapkan program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang sudah dicanangkan oleh Kementerian Agraria Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN). Yang pada tahun-tahun sebelumnya itu belum pernah diajukan di Desa Bulukerto demi kesejahteraan masyarakat Desa Bulukerto melalui asset yang dimilikinya agar aman dengan disertifikatkan, sebagaimana tertulis di banner saat pencalonan Prona Harga Mati. PTSL sementara untuk tanahnya masyarakat saja yang akan disertifikatkan. Untuk asset milik desa masih belum tahu statusnya.”


“Yang kedua yaitu program bidang pelayanan kami akan merubah kultur pelayanan hanya melalui tekhnologi atau online pada masyarakat cukup mengirimkan datanya melalui WhatshApp. Selanjutnya petugas akan menjemput bola, dalam pelayanan administrasi publik kependudukan seperti pengurusan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Indonesia Anak (KIA), Akta, dan lain-lain. “tuturnya.

‘Untuk peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes), Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes adalah pemain utama didalam proses untuk mengelola semua asset desa yang ada di Desa Bulukerto. Ini dimungkinkan supaya untuk mendapatkan/menambah pendapatan asli desa di Desa Bulukerto melalui BUMDes. Salah satunya sudah ada Taman Kelinci yang pada periode lalu masih belum jalan, maka akan kami perbaiki supaya bisa berjalan dan bisa menjadi salah satu yang bisa meningkatkan pendapatan asli desa. Potensi alam yang ada di Desa Bulukerto sangatlah luar biasa. APBDes Bulukerto tahun ini Rp 7,3 M, dari dana tersebut yang akan diamanahkan dan diberikan kepada Desa kami melalui APBDes kami harapkan bisa menunjang dari pada potensi masyarakat di desa yang bergerak dalam membangun tempat wisata-wisata supaya bisa menjadi modal dalam pemberdayaan masyarakat dibidang ekonomi, “tambahnya.


“Desa Bulukerto pada tahun 2021 telah dilanda banjir bandang, untuk mengantisipasi hal tersebut terulang kembali tentunya kami akan bekerjasama dengan Dinas terkait yang mengurusi/menaungi terkait mitigasi bencana telah ada Forum Pengurangan Risiko Bencana dengan program yang telah dicanangkan oleh BPBD Kota Batu program Destana (Desa Tangguh Bencana). Para relawan di Desa Bulukerto kami mengharapkan agar selalu siap ketika sewaktu-waktu terjadi bencana. Dari BPBD Kota Batu ada program SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), nantinya kami mengharapkan ada kerjasama dengan SD yang ada di Desa Bulukerto yaitu SDN Bulukerto 1, SDN Bulukerto 2, dan SDN Bulukerto 3,” pungkas Suhermawan, S.I.Kom. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment