News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Peringati Hari Kemerdekaan Tahun 2022 Di Perumahan Marina Keputih

Peringati Hari Kemerdekaan Tahun 2022 Di Perumahan Marina Keputih


 Surabaya Jawa Timur - Salah satu ritual yang dilakukan oleh masyarakat dalam rangka memeriahkan peringatan hari ulang tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, adalah mengadakan malam tirakatan. Kegiatan ini dilakukan dengan semangat gotong royong dan kebersamaan antar warga, di berbagai tempat.

Konon, tradisi ini diadakan untuk mengenang sejarah perjuangan kemerdekaan, sekaligus upaya menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada generasi muda. Hal ini sesuai dengan pesan Bung Karno agar jangan sekali-kali melupakan sejarah perjuangan para pahlawan.


Begitu juga dengan warga Perumahan Marina Emas, Kelurahan Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. Perumahan yang terletak di dekat kampus Institut Teknik Sepuluh Novermber, Surabaya itu, terdiri dari satu rukun warga (RW) membawahi  enam rukun tetangga (RT). Masing-masing RT, serentak menggelar acara malam tirakatan bertempat di Balai RT, selasa (16/08/2022).

Dengan konsep dari warga, oleh warga, dan untuk warga, semua dikerjakan sendiri secara gotong royong. Termasuk waktu melakukan kerja bakti membersihkan saluran air (got) dari sampah dan endapan lumpur. Baik yang tua maupun muda, semua terlibat di dalamnya. Seperti biasanya, bapak-bapak membersihkan tempat pertemuan sambil menggelar tikar. Sedangkan ibu-ibu sibuk menyiapkan konsumsi. Semua dilakukan secara swadaya dengan memanfaatkan uang kas yang ada.


Dalam acara ini warga sangat antusias mengikutinya. Mereka duduk lesehan sambil ngobrol dan berkenalan bagi warga baru. Hal ini bisa  dimaklumi karena sejak covid-19 yang memaksa warga melakukan social distancing ini, kegiatan tirakatan ditiadakan agar selamat dari wabah yang berasal dari Kota Wuhan.

Ketua rukun warga (RW), Suparman dalam sambutannya berpesan untuk tetap semangat menjaga kerukunan antar warga yang telah terjalin selama ini, serta menjaga lingkungan agar asri, dan tetap bersemangat menjalani kehidupan meski di masa pandemi.


“Mari kita pererat tali silaturahmi dan semangat gotong royong, serta saling mengingatkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar kehidupan di perumahan marina ini nyaman dan aman. Kita tidak bisa mengandalkan semuanya kepada tenaga satpam yang terbatas,” ujarnya.

Rencananya kemeriahan peringatan tujuh belasan tahun 2022 ini, akan dipungkasi dengan kegiatan jalan sehat dengan pembagian sembako dan door prize, serta aneka lomba untuk anak-anak, pada hari minggu (21/08/2022).


Tidak lupa pula panitia juga menyewa electone lengkap dengan penyanyinya, agar peringatan kemerdekaan tahun ini, yang mengambil tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, semakin meriah dan berkesan bagi seluruh warga Perumahan Marina. 

“Alhamdulillah kegiatan malam tirakatan di perumahan marina meriah diikuti oleh semua warganya, dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Rusinawati, salah seorang pengurus PKK, yang terlibat dalam penyediaan konsumsi. [eB]


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment