News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

RNPB Adakan Sosialisasi Penanganan Kebakaran Untuk KSM Sejahtera Bersama

RNPB Adakan Sosialisasi Penanganan Kebakaran Untuk KSM Sejahtera Bersama


 Surabaya Jawa Timur - Bertempat di Mushola Nurul Jannah Pesapen Balokan Kelurahan Krembangan Selatan Kecamatan Krembangan Kota Surabaya Jawa Timur, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Sejahtera Bersama binaan Lembaga Manajemen Infaq. Mendapatkan pelatihan mitigasi kebakaran dan gempa bumi oleh Relawan Nasional Penanggulangan Bencana (RNPB), Kamis (18/08/2022).

Menurut Santo, kegiatan ini sebagai upaya menambah wawasan dan keterampilah anggota KSM Sejahtera Bersama, terkait dengan upaya mengurangi risiko kebakaran di daerahnya, yang merupakan daerah pemukiman padat penduduk. “Dulu di daerah sini pernah terjadi dua kali kebakaran. Untuk itulah, atas permintaan anggota KSM, kawan-kawan RNPB yang merupakan salah satu bagian dari Lembaga Manajemen Infaq menggelar pelatihan ini sebagai salah satu dari program pembinaan kelompok,” ujar pria yang berdomisili di Tulungagung ini.


Santo yang juga Ketua Forum PRB Kabupaten Tulungagung menambahkan, “Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Siaga Bencana Alam (GANALA) yang melakukan edukasi untuk membangun kesiapsiagaan masyarakat terhadap potensi bencana yang ada di daerahnya.”

Agus Purwanto, Sekretaris Kelurahan Krembangan Selatan, mengucapkan terimakasih atas kepeduliannya untuk mengedukasi bahaya kebakaran, sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran. “Kami berharap ibu-ibu bisa menyampaikan pengetahuan yang diterima kepada tetangganya agar waspada terhadap potensi kebakaran, dan bisa melakukan sendiri sebelum bantuan datang,” ujarnya.

Sementara, penyampaian materi dan Pengenalaan alat-alat pemadam kebakaran di sampaikan oleh Santo, dibantu Dhani dan Irfan. Mereka sangat terlatih. Dengan menggunakan bahasa setempat, materi yang disampaikan mudah dipahami oleh peserta. Suasanapun sangat menyenangkan. 


Dalam paparannya, pria yang juga aktif di sekretariat bersama relawan peanggulangan bencana ini mengingatkan, agar masing-masing keluarga memiliki tas siaga bencana, yang berisi surat-surat penting, seperti ijasah, akta kelahiran, surat tanah, perhiasan, dan lainnya yang mudah diselamatkan sewaktu-waktu terjadi bencana.

Sebelum kegiatan simulai dimulai, diadakan penyerahan bantuan APAR (alat pemadam api ringan) dari lembaga manajemen infaq kepada KSM Sejahtera Bersama, yang secara simbolis diterima oleh Sekretaris Kelurahan Krembangan Selatan, dan disaksikan warga setempat. Pada pelaksanaan simulasi, tim RNPB dibantu oleh beberapa personil Jamaah LC, yang sengaja diundang untuk menambah wawasan sekaligus mempererat tali silaturahmi antar sesama relawan kemanusiaan. 


Dhani, saat memulai simulasi memberikan penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kebakaran dan mengajarkan bagaimana cara menangani kebakaran dengan benar dan tepat serta cara penggunaan alat yang akan digunakan dalam memadamkan api. Seluruh peserta pun dengan antusias mengikuti arahan yang diberikan. Mereka pun secara bergantian mempraktekkan memadamkan api dengan menggunakan karung yang dibasahi.

Halimah, salah seorang peserta, mengungkapkan bahwa dirinya semula takut memadamkan api. Namun setelah mencoba dengan menggunakan tehnik yang telah diajarkan, dia berani mencoba. Bahkan dengan penuh semangat mendorong peserta untuk berani mencoba. [eB]


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment