News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Basecamp Sebagai Tempat Belajar Berorganisasi Bagi Para Relawan

Basecamp Sebagai Tempat Belajar Berorganisasi Bagi Para Relawan


Surabaya Jawa Timur - Dengan rasa kebersamaan Jamaah LC (Lorong Educational) memberanikan diri menginisiasi pertemuan relawan untuk yang pertama kalinya. Tujuannya sederhana sekali, agar pasca pertemuan nanti ada semacam rencana tindak lanjut. Baik berupa pertemuan rutin yang diselenggarakan secara bergantian, maupun kegiatan bersama untuk peningkatan kapasitas. Basecamp yang berlokasi di daerah Keputih, Kecamatan Sukolilo, Surabaya ini sebagai tempat mewujudkan gagasan dalam bentuk kegiatan nyata, selalu melibatkan anggota. Semua diberi kesempatan sama untuk mengembangkan potensi dan kreasi. Termasuk dalam kepanitiaan, mereka secara legowo juga bergantian untuk ambil peran. Hal ini sangat penting, agar semuanya memiliki kemampuan yang setara.

“Perlu diketahui bahwa kekuatan Jamaah LC itu terletak pada tekat, semangat, demokratis, dan urunan seikhlasnya dari anggotanya untuk kebersamaan, sesuai konsep dari kita, oleh kita, dan untuk kita,” Kata Aris, mengawali obrolan malam hari membahas rencana pertemuan relawan Surabaya, Selasa (30/08/2022) malam.

“Paling tidak, keberadaan basecamp bisa menjadi tempat saling belajar berorganisasi, tempat terjadinya kolaborasi pengalaman dari berbagai relawan untuk meningkatkan wawasan dan persaudaraan serta saling mendukung dalam kerja-kerja kemanusiaan,” ujar Aris.


Salah satunya adalah susunan kepanitiaan temu relawan ini. Banyak muka baru yang didorong berani tampil. Salah itu biasa, karena orang pintar pun juga pernah salah saat berproses menuju pintar. Dengan demikian seluruh anggota Jamaah LC akan memiliki pengalaman dalam berorganisasi. Hal ini juga untuk menghindari munculnya sikap ‘One man Show’ dalam perjalanan organisasi.

“Kalau dalam ilmu manajemen, apa yang dilakukan di Basecamp LC ini termasuk upaya pelimpahan wewenang (delegating) dari satu anggota kepada  anggota lainnya yang dipercaya dapat mewakili kelompoknya,” kata Zainal menimpali.

Masih kata Zainal, yang pernah mengikuti penyusunan rencana kontijensi, bahwa beberapa ahli manajemen mengatakan arti delegasi adalah kegiatan memberikan sebagian wewenang dan tanggung jawabnya kepada orang lain untuk melakukan kegiatan dengan penuh rasa tanggungjawab.

Sedangkan manfaat pen-delegasi-an, diantaranya, adalah agar setiap individu yang berada di dalam organisas memiliki peran yang sesuai dengan kemampuan, serta membantu anggota untuk berkembang karirnya, dan juga sebagai media belajar dari sebuah keberhasilan atau kegagalan melaksanakan tugas organisasi.


“Jadi, untuk teman-teman yang ditunjuk sebagai panitia, terima saja dan kerjakan dengan baik. Jangan kuatir, nanti yang lain seperti biasanya akan membantu agar acaranya sukses,” ujar Zainal menyemangati.

Dalam rapat kali ini, mereka mencoba bersama-sama menginventarisir keperluan apa saja yang harus disiapkan. Seperti sound system, OHP Projector, Laptop, Banner, tikar, serta konsumsi ala kadarnya sesuai anggaran yang ada, yang penting murah, melimpah dan mengenyangkan. Diakhir obrolan malam itu, Aris mengingatkan tim pengumpul dana segera melaksanakan tugasnya, agar semua keperluan yang dibutuhkan dalam kegiatan pertemuan relawan Surabaya segera terpenuhi. [eB]


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment