News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Welirang Komuniti, Meningkatkan Kapasitas Relawan Baru Dengan Pelatihan Ruang Dan Lapangan

Welirang Komuniti, Meningkatkan Kapasitas Relawan Baru Dengan Pelatihan Ruang Dan Lapangan

Kabupaten Mojokerto Jawa Timur - Relawan menjadi aktor penting dalam penanggulangan bencana. Untuk hal ini relawan membutuhkan pengetahuan, keterampilan dalam berbagai jenis keilmuan pertolongan. Dan ada kewajiban bagi institusi atau lembaga relawan untuk selalu mengupdate kapasitas relawannya.

Adalah Welirang Komuniti, sebuah lembaga kerelawanan di Mojokerto yang sedang menjalankan kewajibannya untuk mengupdate keilmuan relawannya. Sabtu (25/6/2022), bertempat di basecamp Welirang Komuniti yang terletak di Desa Candiwati Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, sedang diadakan pelatihan kebencanaan bagi anggota relawan yang baru bergabung.

Pelatihan ini rencananya akan diadakan dalam dua sesi. Materi ruang dan materi lapang. Materi ruang berlangsung dalam dua hari, tgl 24-25 Juni 2022 dan materi lapang dilaksanakan juga selama tiga hari tgl 1-3 Juli 2022 bertempat di area wisata Coban Talun Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur.

Materi ruang diberikan berupa managemen penanggulangan bencana, PPGD (Pelatihan Penanganan Gawat Darurat), tugas dan fungsi serta hak dan kewajiban Relawan, Dapur Umum, pengetahuan dasar jungle rescue serta vertical rescue.

"Harapan kami, relawan Welirang Komuniti benar-benar menjadi relawan yang tangguh, mengerti apa dan bagaimana bersikap terutama saat menjalankan tugas dalam berbagai kegiatan operasi SAR atau respon-respon kejadian kemanusiaan," ungkap Abdul Qohir Koordinator Welirang Komuniti Rescue. (Saiful Anam)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment