News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Satuan Pendidikan Aman Bencana, Disosialisasikan Forum PRB Jatim Di Kediri

Satuan Pendidikan Aman Bencana, Disosialisasikan Forum PRB Jatim Di Kediri

Kediri Jawa Timur - Program Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Jawa Timur Membangun Ketangguhan Sekolah melalui kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Acara tersebut dilaksanakan pada Sabtu, (18/06/2022) mulai pukul 10.00 s/d 12.00 wib. Bertempat di Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel Siman, Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Menurut Sekjend Forum PRB Jawa Timur Catur Sudharmanto lewat sambungan selulernya, “Srikandi Forum PRB Jatim Mbak Anis Retno melakukan Sosialisasi, dengan menjelaskan tentang indikator, alur dan tahapan SPAB sesuai Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) No. 33 tahun 2019 tentang Satuan Pendidikan Aman Bencana. Peraturan ini diterbitkan sebagai upaya untuk memberikan perlindungan dan keselamatan kepada peserta didik, dan tenaga kependidikan dari risiko bencara serta untuk menjamin keberlangsungan layanan Pendidikan pada satuan Pendidikan yang terdampak bencana. Rencana kegiatan akan dilaksankan dengan 13 kali pertemuan.”


“Acara silaturahmi dengan menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan tim Forum PRB Jawa Timur, dan menyampaikan rencana kegiatan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di sekolah tersebut yang akan kita jadikan sebagai rujukan/pilot projec sekolah aman bencana yg diprakarsai oleh Forum PRB Jawa Timur. Kegiatan dilakukan dihadapan dewan guru dan perwakilan komite sekolah, “tuturnya.

“Maksud dan tujuan SPAB Dalam rangka meningkatkan ketangguhan satuan pendidikan terhadap bencana, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah menetapkan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan dampak bencana di satuan pendidikan. Penyelenggaraan program SPAB diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program SPAB. Dalam Permendikbud tersebut penyelenggaraan program SPAB dilaksanakan pada saat situasi normal atau pra-bencana, pada situasi darurat dan pasca bencana, “tambahnya.


“Rencana kegiatan SPAB di Lembaga Pendidikan MTS Sunan Ampel Siman akan di tindak lanjuti dengan agenda Workshop dan Launching yang akan di mulai awal bulan Juli 2022 dengan berbagai rangkaian kegiatan yang sudah disusun kurikulum oleh Tim SPAB FPRB Jawa Timur, dimana Kegiatan akan dilaksanakan 12x pertemuam dimulai pukul 08.00 s/d 14.00 wib, dengan tujuan maksud dari kegiatan ini adalah Meningkatan Kapasitas bagi warga Satuan Pendidikan yang terletak di kawasan rawan bencana agar mampu menerapkan Pengurangan Risiko Bencana jika sewaktu waktu terjadi Bencana. Dengan berbagai pertimbangan, maka sangat diperlukan kesadaran masyarakat yang tinggi tentang (PRB) Pengurangan Resiko Bencana untuk melakukan pencegahan secara dini agar korban dapat dihindarkan setidaknya meminimalkan korban, baik korban manusia maupun material. Untuk itu peranan dunia pendidikan sangat dibutuhkan, mengingat metodologi pembelajaran disampaikan secara massal  terarah dan terencana. Untuk mencapai hal tersebut peranan dunia pendidikan formal maupun non formal sangat dibutuhkan. Memberdayakan anak-anak remaja di sekolah dan masyarakat untuk memahami tanda-tanda peringatan bencana dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengurangi risiko dan mencegah bencana, merupakan suatu langkah awal yang penting dalam membangun ketangguhan bencana seluruh masyarakat, “ pungkas Sekjend Forum PRB Jatim. (Erwin)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment