News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Relawan Mojokerto Dibekali ilmu Jungle Rescue

Relawan Mojokerto Dibekali ilmu Jungle Rescue

Kabupaten Mojokerto Jawa Timur - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Jawa Timur bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Kabupaten Mojokerto telah melaksanakan pelatihan tentang teknik pertolongan di gunung/hutan (jungle rescue) untuk para relawan kebencanaan yang ada di Kabupaten Mojokerto Minggu (26/6/2022). Upaya Peningkatan kapasitas relawan ini merupakan bagian dari upaya Pengurangan Risiko Bencana (PRB).  Keberadaan Gunung berapi Arjuno Welirang sebagai destinasi wisata pendakian gunung menyimpan potensi bahaya bencana. Tak jarang ada wisatawan local yang tersesat, kelelahan atau terperosok hingga membutuhkan bantuan, maka sangatlah relevan apabila pelatihan ini diadakan.

Pelatihan jungle rescue dilaksanakan dalam dua hari (26 s.d 27/6/2022). Bertempat di Aula PT Haraka Kitri Endah Gondang Mojokerto. Hadir dalam pelatihan sebagai instruktur sekaligus narasumber adalah tim Basarnas Kota Surabaya.


Bupati Mojokerto dr. H. Ikfina Fahmawati,M.Si. saat hadir membuka secara resmi kegiatan ini dan sangat mengapresiasi apa yang telah diupayakan oleh BPBD Kabupaten Mojokerto. Bupati menyatakan bahwa Kabupaten Mojokerto yang wilayahnya merupakan banyak kawasan hutan, serta semakin banyaknya area wisata pendakian gunung.

“Diharapkan dengan pelatihan ini kawan-kawan relawan akan semakin yakin dalam menjalankan tugas kemanusiaan jika ada sesuatu yang terjadi terkait wisata pendakian gunung, “tuturnya.


Dalam pelatihan ini, selain tim pemateri yang didatangkan dari Basarnas Surabaya juga dihadiri oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Mojokerto Drs. Yo'ie Afrida Soesetyo Djati, SH., Msi. Dalam sambutannya Kalaksa BPBD Kabupaten Mojokerto menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk terus mengupdate kemampuan para relawan. (Saiful Anam)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment