News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pembinaan Forum Kota Batu Sehat, Oleh Tim Pembina Dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur

Pembinaan Forum Kota Batu Sehat, Oleh Tim Pembina Dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur

Kota Batu Jawa Timur – Dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan  program Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan Upaya Kesehatan Masyarakat, untuk sub kegiatan Penyelenggaraan Kabupaten / Kota Sehat. Dinas Kesehatan Kota Batu telah mengundang perwakilan Organisasi Perangkat Daerah, pengurus Forum Kota Batu Sehat, pengurus Forum Kecamatan, dan Pengurus Kelompok Kerja (Pokja) Desa/Kelurahan Se Kota Batu. Agenda kegiatan yaitu sosialisasi persiapan penyusunan dokumen Kota Sehat tahun 2022 dengan narasumber Ahmad dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan tersebut berlangsung Selasa (7/6/2022) bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Jl. Panglima Sudirman No. 98 Kota Batu.


Narasumber Ahmad menjelaskan beberapa faktor ketidak lolosan dokumen verifikasi tahun 2021, “Kabupaten Kota, tidak memenuhi persyaratan Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, Kelembagaannya sudah kadaluarsa, dan adanya Pokja Desa Kelurahan yang masih belum membuktikan keaktifannya. Data pendukan tidak ada, data tidak lengkap, data kadaluarsa, atau data tidak sesuai dengan  variable yang ditanyakan. Juga tidak dapat memenuhi standar minimal 80% setiap indicator. Faktor teknis lain ketidak lolosan dokumen antara lain kesiapan kabupaten kota dalam penyusunan dokumen dalam waktu singkat dan pada masa pandemic Covid-19.”


“Untuk tahun 2023 mendatang diharapkan adanya peningkatan kualitas data yang disajikan, dan bentuk dokumen data akan disampaikan secara online. Dokumentasi kelembagaan dan kegiatan dalam kurun waktu 2 tahun agar terdata secara terinci. Verifikasi tingkat provinsi, merupakan verifikasi pembinaan. Dokumen yang dikirimkan secara online pada awal tahun 2023 yang tidak layak tidak akan dinilai, kirimkan saja dokumen semua tatanan, nanti dinilai tatanan mana yang akan dinilai oleh tim provinsi. “tuturnya.


“Pada tahun 2023 akan dilakukan verifivikasi Kabupaten Kota Sehat tingkat nasional, bagi Kabupaten Kota yang telah diverifikasi oleh tim tim verifikator Kabupaten Kota Sehat tingkat Provinsi. Adapun tatanan yang akan menjadi penilaian ada 10 tatanan antara lain masyarakat sehat yang mandiri, pemukiman dan dan rumah ibadah, satuan Pendidikan, perkantoran dan industry, pasar, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perlindungan social serta pencegahan dan penanganan bencana. Saya berharap agar dokumen Kota Batu dapat lolos ditahun 2023,”pungkasnya. (Arif Erwinadi)


 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment