News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kepala BPS Kota Batu Berharap Sensus Penduduk Lanjutan, Dilaksanakan Petugas Lapangan Tepat Waktu

Kepala BPS Kota Batu Berharap Sensus Penduduk Lanjutan, Dilaksanakan Petugas Lapangan Tepat Waktu

Kota Batu  Jawa Timur - Dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan  yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia termasuk di Kota Batu Jawa Timur yang pelaksanaannya mulai dilakukan pada 15 Mei - 30 Juni 2022 pada rumah tangga terpilih. Untuk bulan Mei telah dilakukan pemutakhiran data bagi responden dalam satu Nomor Blok Sensus terpilih. Sedangkan di bulan Juni 2022 dilanjutkan dengan pendataan menggunakan kuesioner yang lebih rinci (long form) melalui kegiatan sensus sampel pada tahun 2022 dengan handphone menggunakan Aplikasi FASIH BPS.


Pendataan SP2020 Lanjutan dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan jumlah sampel yang dicakup sebanyak 3.043.600 rumah tangga dalam 190.225 blok sensus..  Target sampel Kota Batu sebanyak 5.520 rumah tangga yang tersebar di 345 blok sensus. Untuk itu BPS Kota Batu telah menurunkan sebanyak 100 orang petugas yang terdiri dari Petugas Pendataan Lapangan (PPL) sebanyak 69 orang, petugas Koordinator Tim (Kortim) sebanyak 23 orang dan petugas Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) sebanyak 8 orang.

Pendataan lapangan yang dilakukan door to door kepada responden terpilih telah berlangsung sejak (1/6/2022). Untuk itu pada Kamis (9/6/2022) dirumah Artika Wardaningtyas Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu telah diadakan rapat koordinasi dan evaluasi oleh petugas Koordinator Sensus Kecamatan (Koseka) Dwi Esti Kurniasih yang akrab dipanggil Nia dari BPS Kota Batu dengan menghadirkan PPL dan Kortim. Nia menuturkan, “Agenda pertemuan hari ini mendengarkan curhat permasalahan yang dialami para petugas yang telah melakukan pendataan dilapangan seperti apa? Supaya bisa dicari solusinya. Ternyata selain adanya permasalahan dilapangan, juga ada kendala penggunaan Aplikasi FASIH yang masih baru sehingga dalam prosesnya masih dilakukan beberapa kali penyempurnaan.”


Untuk permasalahan yang terjadi dilapangan dituturkan oleh Artika Wardaningtyas, “Ada beberapa responden yang sulit ditemui karena kesibukan mereka bekerja didatangi siang, sore bahkan malam hari tidak bisa bertemu. Dan ada responden yang pulang kerumahnya seminggu sekali karena bekerja diluar Kota Batu, sehingga belum bisa didata.”

Rapat koordinasi dan evaluasi ini juga dihadiri oleh Kepala BPS Kota Batu Drs. Parjan, yang menanyakan bahwa sensus penduduk sudah berjalan 9 hari progressnya seperti apa? “Hari ini semua Koseka melakukan pertemuan untuk mendengarkan keluhan dan kendalanya seperti apa? Karena sudah 1/3 perjalanan tentunya ada kendala dilapangan. Intinya ketika tgl (30/6/2022) jadwalnya berakhir. Untuk Petugas Pendataan Lapangan (PPL) bertugas di 5 blok @ 16 rumah tangga terpilih, totalnya 80 rumah tangga.” Tuturnya.


“Kalau sudah 1/3 perjalanan minimal sudah mendapatkan 24 rumah tangga sudah harus terpenuhi. Dari catatan saya yang di Koseka Arif rata-rata sudah ada yang Submit pelaporan di Aplikasi Fasih rata-rata 36 sampai 39, kalau minimal 24 berarti sudah memenuhi target. Jangan sampai ada yang masih mendapatkan 1 blok atau 16 rumah tangga saja, bagi yang belum mencapai target diharapkan agar segera menyusul keterlambatannya. Selesai pertemuan ini saya berharap, agar larinya agak kencang. Kalau bisa lebih cepat selesai juga lebih baik, secara rata-rata memang sudah banyak yang diatas 24 rumah tangga, yang dibawahnya itu hanya 1 atau 2 orang saja, “pungkasnya. (Erwin)

 

 

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment