News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Menjelang Verifikasi Tingkat Provinsi, Forum Kota Batu Sehat Menjadwalkan Rapat Koordinasi Dengan Tim Pembina

Menjelang Verifikasi Tingkat Provinsi, Forum Kota Batu Sehat Menjadwalkan Rapat Koordinasi Dengan Tim Pembina


Kota Batu Jawa Timur
Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui “Forum” atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada. Forum tersebut disebut “Forum Kabupaten/Kota Sehat” atau sebutan lain yang serupa sampai tingkat kecamatan dan desa.


Di Kota Batu  Forum tersebut bernama Forum Kota Batu Sehat. Menurut Ketua Forum Kota Batu Sehat periode 2022 s.d 2025 Catur Wicaksono, saat rapat pengurus di  Rumah Dinas Ketua DPRD Kota Batu Rabu (15/6/2022) menyampaikan, “Untuk verifikasi tingkat Provinsi Jawa Timur akan dilakukan pada Minggu kedua Juli 2022 mendatang. Penilaian selain akan didatangi tim penilai tingkat provinsi secara langsung, juga dokumen yang akan dinilai saat ini tidak dalam bentuk hardcopy atau dalam bentuk softcopy yang disimpan lewat google drive. Semua data baik dari tingkatan Kabupaten/Kota, Kecamatan maupun Pokja Desa sudah harus disiapkan dalam bentuk softcopy file Pdf.”

“Untuk itu hasil rapat tadi telah memutuskan akan segera menjadwalkan pertemuan dengan Kepala Bappelitbangda Kota Batu selaku Ketua Tim Pembina dan Dinas Kesehatan selaku Wakil Ketua Tim Pembina, untuk membahas  beberapa indicator penilaian yang harus dipenuhi oleh masing-masing tatanan yang akan diajukan untuk dilakukan penilaian kepada tim penilai dari Provinsi Jawa Timur, “ tuturnya.


Tatanan adalah sasaran kegiatan Program Kabupaten/Kota Sehat yang sesuai dengan potensi dan permasalahan pada masing-masing kecamatan di Kabupaten/Kota. Untuk penilaian periode selanjut ada 10 tatanan Kabupaten/Kota Sehat yaitu Masyarakat Sehat yang mandiri, pemukiman, satuan Pendidikan, perkantoran dan industri, pasar, pariwisata, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perlindungan social, pencegahan dan penanganan bencana, serta rumah ibadah. Rencananya Kota Batu akan mengambil 7 tatanan dulu untuk diajukan pada penilaian tingkat Provinsi bulan Juli 2022 mendatang, hal tersebut akan segera kami konsultasikan kepada Ketua Tim Pembina dan Wakil Ketua tim Pembina Forum Kota Batu Sehat, “pungkas Catur Wicaksono. (Erwin)



 

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment