News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang Ferivikasi Dokumen, Bappelitbanda Mengundang Perwakilan OPD Dan Forum Kota Batu Sehat

Jelang Ferivikasi Dokumen, Bappelitbanda Mengundang Perwakilan OPD Dan Forum Kota Batu Sehat

Kota Batu Jawa Timur – Dalam rangka persiapan untuk menghadapi ferivikasi Kabupaten Kota Sehat tahun 2022 yang akan dilaksanakan pada tingkatan Provinsi. Bappelitbanda Pemerintah Kota Batu telah mengundang perwakilan dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Balai Kota Among Tani dan mengundang pengurus Forum Kota Batu Sehat. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari (29 s.d 30/6/2022) bertempat di ruang Rapat Bappelitbangda Balai Kota Among Tani Lt 4 Kota Batu Jawa Timur.

Acara tersebut dibuka oleh Andri Wijaya salah seorang Kepala Bidang (Kabid) di Bappelitbangda Kota Batu  menyampaikan, “Kabupaten/Kota Sehat untuk Kota Batu sudah dimulai sejak 2015, saat ini kita memasuk tahun ke 7. Terkait perkembangan apa yang akan kita sepakati untuk target kita ditahun 2022 ini. Tahun ini kita mulai dengan ketentuan dan persyaratan yang baru. Kemarin disepakati sudah ada 8 tatanan yang akan kita ikuti, dan akan terbagi beberapa pengampu OPD sesuai tatanan. Kota Sehat itu bukan tanggungjawab Dinas Kesehatan dan Bappelitbangda saja, tetapi tanggungjawab lintas sektoral, perlu kolaborasi berbagai instansi dan OPD terkait.”


“Untuk tahun 2022 ini ada 8 tatanan yang akan kita ikuti yaitu tatanan 1 Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, tatanan 2 Pemukiman Sehat, tatanan 3 Pasar Sehat, tatanan 4 Sekolah/Madrasah Sehat, tatanan 5 Rumah Ibadah Sehat, tatanan 6 Pariwisata Sehat, tatanan 7 Transportasi, Tertib Lalulintas Jalan dan tatanan ke 8 Pencegahan dan Penanganan Bencana, “tuturnya.

Sekretaris Forum Kota Batu Sehat Arif Erwinadi yang hadir dalam kesempatan tersebut menambahkan, “Kabupaten/Kota sehat merupakan modal dasar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi idaman bagi setiap penduduk di setiap daerah. Penyelengaraan Kabupaten/Kota sehat bukan perlombaan, tetapi merupakan upaya peningkatan untuk menciptakan lingkungan yang bersih aman, nyaman dan sehat.”


“Kabupaten/kota sehat juga sebagai tempat bekerja bagi warga dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas, dan perekonomian masyarakat. Selama dua hari  ini kegiatan langsung dikoordinir oleh Ketua Forum Kota Batu Sehat S. Catur Wicaksono untuk mendapatkan data dari masing-masing OPD sesuai tatanan yang ada untuk menampilkan kuisioner yang isinya sesuai antara data dan fakta dilapangan yang nantinya akan dicocokkan saat verfikasi lapangan olen tim penilai dari Provinsi Jawa Timur, “pungkasnya. (Ebas)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment