News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sestama BNPB Dan Deputi Kesiapsiagaan, Hadiri Stand Forum PRB Jatim

Sestama BNPB Dan Deputi Kesiapsiagaan, Hadiri Stand Forum PRB Jatim

Nusa Dua Bali - Stand Forum PRB Jatim dalam ajang 7 th GPDRR Bali 2022 dI Nusa Dua Bali, hari ini Rabu (25/5/2022) sempat dihadiri oleh Deputi Pencegahan BNPB Ibu Drs. Prasinta Dewi MA bersama lima orang stafnya.

Sebelum itu, Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Drs. Lilik Kurniawan, juga menyempatkan mampir sebentar di stand Forum PRB Jatim.

Secara khusus, stand Forum PRB Jatim atas dukungan BPBD Jatim,  mengkampanyekan wacana pentingnya  Early Warning System (EWS) dalam PB. tema ini dirasakan amat sangat penting dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana.


Pemahaman terhadap EWS oleh masyarakat, terutama yang tinggal di kawasan rawan bencana. "Dengan pemahaman yang lengkap terhadap EWS dalam suatu kawasan rawan bencana,  masyarakat akan lebih bisa mengurangi besarnya risiko bencana," ujar Cak Anam, perwakilan Forum PRB Jatim di acara GPDRR kali ini.

Sampai hari ini, stand FPRB Jatim sudah dikunjungi banyak visitor dari dalam negeri juga ada satu dua orang dari luar negeri.

Stand ini menampilkan alat EWS sederhana berupa kentongan bambu. Kita tahu, bahwa kentongan merupakan alat tradisional untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.  "Sudah terbukti, alat EWS berupa kentongan ini tidak bergantung pada aliran listrik yang bisa saja padam saat sangat dibutuhkan. Penyebaran informasi sangat mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat, kecuali disabilitas pendengaran," ujar Anam.


"Kelebihan-kelebihan inilah yang menjadikan kentongan sebagai alternatif utama disamping alat EWS lainnya, " pungkas Anam. (Saiful)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment