News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rumah Resiliensi Indonesia, Ajang Dialog Menuju Ketangguhan Bersama

Rumah Resiliensi Indonesia, Ajang Dialog Menuju Ketangguhan Bersama

Nusa Dua  Bali – Salah satu media untuk belajar bersama, tukar pengalaman dan pengetahuan tentang upaya ketangguhan masyarakat, dalam 7th GPDRR (Global Platform for Disaster Risk Reduction)  Bali 2022, kali ini adalah sebuah forum gagas dengan nama Rumah Resiliensi Indonesia.

Sebuah panggung luas yang diatasnya dilaksanakan diskusi, dialog dari berbagai  lembaga. Sedikitnya ada 63 lembaga yang akan mengisi panggung ini.  Hari ini rabu, (25/5/ 2022) pukul  09.30 WIT, seorang narasumber yang dihadirkan oleh Mercycops berbicara dengan ceplas-ceplos. Tokoh ini tak asing bagi pegiat kebencanaan di Surabaya, setidaknya di Jawa Timur. Adalah Febby Damayanti, yang aktif di Perwakos (Persatuan Waria Kota Surabaya) yang juga anggota Forum Pengurangan Risiko Bencana (Forum PRB) Jawa Timur.


Febby membicarakan pengalamannya saat pandemi Covid 19. Berbagai upaya dilakukan oleh lembaganya. Itu dilakukan atas support dari berbagai pihak, diantaranya BPBD Jawa Timur. Support berupa bantuan masker, sembako, fasilitasi peningkatan kapasitas Anggota Perwakos.

Dalam salah satu sesi, Febby sempat berdiskusi dengan  Dadang Ikwandi dari BPBD Provinsi Jatim melalui teleconferens. Inti dari diskusi itu adalah tentang komunikasi inklusif saat pandemi Covid 19. Kita faham bahwa Perwakos merupakan wadah kaum waria yang bisa dikatakan termarginalkan  dalam banyak akses.


Febby mengaku dengan sinergitas bersama BPBD dan Forum PRB Jawa Timur, banyak pengetahuan, informasi, pencerahan tentang kebencanaan didapat dengan mudah.

Kesan ikut GPDRR senang sekali mendapat kesempatan bicara di forum ini, terlebih Febby sebagai kelompok menoritas transpuan/transgender yang jarang mendapat perhatian. "Yang pasti, kesempatan ini akan berdampak positif yang besar terhadap kelompok kami," pungkas Febby.


Pewarta               : Saiful Anam

Editor                    : Arif Erwinadi

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment