News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pecalang Dan Satgas Ummat Kristen, Mengamankan Sholat Iedul Fitri Di Desa Tulungrejo

Pecalang Dan Satgas Ummat Kristen, Mengamankan Sholat Iedul Fitri Di Desa Tulungrejo

Kota Batu Jawa Timur – Ummat Islam di seluruh Indonesai hari ini Senin (2/5/2022) telah melaksanakan ibadah Shalat Iedul Fitri 1 Syawal 1443 H. Demikian juga ummat Islam di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur telah berdatangan menuju Masjid atau lapangan olah raga terdekat.  Pandemi Covid-19 telah berakhir, ummat Islam berbondong-bondong menghadiri Ibadah Shalat Iedul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah.

Pagi ini ada hal yang sangat menarik di Desa Tulungrejo dengan hadirnya para Pecalang Ummat Hindu dan Satgas Serba Guna Ummat Kristen, yang telah turun membantu pelaksanaan pengamanan Sholat Iedul Fitri. Kegiatan pengamanan tersebut juga didampingi oleh Bhabinkamtibmas Tulungrejo Bripka M. Taufik SH dan Babinsa Tulungrejo Serka Sunyoto.


Sebagaimana disampaikan oleh  Pdt Mikhael Muludin Sekretaris  Kelompok Kerukunan Ummat Beragama (KKUB) Desa Tulungrejo yang sekaligus Ketua Umum Badan Kerjasama Gerejawi (BKSG) Kota Batu saat dihubungi lewat sambungan selulernya. “Terkait kegiatan pengamanan Shalat Iedul Fitri, untuk partisipasi kerukunan antara ummat beragama. Kegiatan seperti ini sudah lama diadakan, mulai Desember 2021 baru diresmikan bahwa Desa Tulungrejo sebagai Desa Sadar Kerukunan Ummat Beragama. Dari situlah lantas terorganisir sebagai desa sadar kurukanan ummat beragama, “jelasnya.

“Pagi ini dari pihak Kristen dan dari pihak Hindu Pecalang bersepakat untuk mengadakan pengamanan bagi Ummat Islam yang sedang melaksanakan Shalat Iedul Fitri. Kegiatan ini merupakan kegiatan tingkatan desa. Ada 7 titik pengamanan Shalat Ied mulai dari lapangan di tempat Rekreasi Selekta, di Masjid Pertigaan Dusun Gondang, Masjid Dusun Gerdu, Masjid di Kampung Sumbersari, Masjid Al Ikhlas Junggo Selatan, Masjid An-Nur Junggo Utara dan dilapangan Translok Dusun Wonorejo Desa Tulungrejo, “tambahnya.

“Kegiatan pengamanan ini dari ummat Kristen telah melibatkan 25 orang personal dan dari Pecalang Ummat Hindu juga 25 orang. Syukurlah pengamanan ibadah pagi hari ini dapat berlangsung dengan lancar, bahkan tadi usai Shalat Iedul Fitri di lapangan Translok Dusun Wonorejo ada ummat Islam yang tertinggal HPnya langsung diumumkan oleh Panitia Pelaksana kegiatan untuk bisa mengambil HPnya yang sudah diamankan oleh pihak panitia, “ tutur Pdt Mikhael Muludin.


“Kami sangat bangga kerukunan Ummat Beragama di Desa Tulungrejo terjalin sangat luar biasa. Pada saat kami melaksanakan Ibadah Natal dan Paskah mendapat pengamanan dari Banser (Barisan Ansor Serbaguna) dan Pecalang. Demikian pula saat Ummat Hindu merayakan hari raya Nyepi, kami dari Ummat Kristen dan Banser juga turut menjaga, “pungkas Pdt Mikhael Muludin mengakhiri penjelasannya. (Arif Erwinadi) 

 



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment