News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pentingnya Peran Media Massa Dalam Menginformasikan Peristiwa Kebencanaan Kepada Masyarakat

Pentingnya Peran Media Massa Dalam Menginformasikan Peristiwa Kebencanaan Kepada Masyarakat

Surabaya Jawa Timur - Ada dua pertanyaan penting yang muncul saat webinar tentang peran media dalam Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Yaitu, dalam ber PRB sudah sejauh mana kita berusaha mengoptimalkan peran media?, dan Siapkah kita benar-benar mengoptimalkan sinergi pentahelix?.

Webinar yang diselenggarakan oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) Jawa Timur, Sabtu (23/04/2022), sebagai upaya meningkatkan wawasan relawan tentang pentingnya peran media sehingga seluruh aktivitas relawan saat melaksanakan tugas kemanusiaan di lapangan bisa dijadikan berita untuk diketahui khalayak ramai.

Yosua, sebagai nara sumber utama, dalam paparannya mengingatkan bahwa fungsi media itu adalah, 1. Memberikan informasi kepada masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan terhadap informasi; 2. Sebagai kontrol terhadap kehidupan sosial agar sesuai dengan koridor yang seharusnya dan meminimalisir penyimpangan; 3. Menjadi sarana perekat kesatuan dan persatuan sesama anak Bangsa; 4. Menjadi rujukan/parameter bagi Kebenaran informasi yang diperoleh Masyarakat dari berbagai sarana Informasi.

Merujuk pada pentahelix kebencanaan, pria bertubuh besar ini mengatakan bahwa, media merupakan bagian integral dalam upaya pengurangan risiko bencana. Termasuk memberitakan peristiwa kebencanaan kepada khalayak ramai.


“Istilah integral ini mengandung makna bahwa media memiliki tanggung jawab untuk membangun kolaborasi bagi keberhasilan program pengurangan risiko bencana, melalui pemberitaannya,” tegasnya.

Dia mencontohkan dalam hal pengenalan dan pemantauan risiko bencana, peran media adalah memberikan informatif dan sosialisasi melalui pemberitaan. Untuk perencanaan partisipatif penanggulangan bencana, media bisa  mendorong peran serta masyarakat melalui pemberitaan yang beorientasi pada partisipasi masyarakat.

Sedangkan dalam hal pengembangan budaya sadar bencana, media berperan mensosialisasikan melalui pemberitaan secara massif dan inspiratif. Sementara, untuk upaya peningkatan komitmen terhadap pelaku penanggulangan bencana, media melakukan fungsi kontrol sosial dan edukasi melalui karya jurnalistik kepada para pelaku kebencanaan.

 Apa yang dikatakan Yosua itu seakan mengingatkan relawan yang ada di lapangan, untuk selalu menyampaikan beritanya yang disertai dengan foto kegiatan lapangan, secara berkala, ke Posko/Pusdalops dan ke Pos Bersama yang didirikan oleh Forum PRB Jatim. Bisa juga mengirimkan berita (berupa opini) ke media massa. Hal ini sejalan dengan Pasal 27, poin c, UU nomor 24 tahun 2007, yang berbunyi setiap orang berkewajiban memberikan informasi yang benar kepada publik tentang penanggulangan bencana.

Tentunya laporan ini akan sangat berguna untuk menyusun kebijakan dan pemenuhan kebutuhan yang diperlukan warga terdampak, serta mengurangi kesalah pahaman diantara multipihak yang ada di lapangan. Syukur-syukur ada agenda rapat multi pihak untuk saling melengkapi informasi, sekaligus media silaturahmi.

Untuk itulah, diharapkan agar kawan-kawan relawan yang sedang di lapangan bersedia meluangkan waktunya untuk mengirimkan berita yang terkait dengan perkembangan di lapangan yang terkait dengan kondisi warga terdampak agar tidak timbul kesan “Korban kurang diperhatikan pemerintah”, yang biasanya akan menjadi komoditas pemberitaan yang menarik oleh media massa, seperti yang sering terjadi.


Alangkan eloknya jika forum pengurangan risiko bencana juga punya media yang mewadahi semua berita dan informasi dari lapangan. Baik itu berupa peristiwa maupun foto dokumentasi, yang kemudian  dikemas sedemikian rupa untuk disajikan dalam media yang dikelolanya. Termasuk juga bisa dijadikan laporan bagi pihak-pihak yang memerlukan. Dengan demikian keberadaan Pos Bersama benar-benar menjadi rujukan informasi dari berbagai pihak.

“Pertanyaannya kemudian, bagaimana mengoptimalkan pengelolaan media sosial yang dimiliki forum sehingga menjadi sarana koordinasi dan sebar informasi terkait dengan kebencanaan,” ujarnya. [eB]

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment