News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Penjual Jamu Di Kota Batu Mendapat Bantuan Peralatan Dari BPOM RI Dan Perusahaan Jamu

Penjual Jamu Di Kota Batu Mendapat Bantuan Peralatan Dari BPOM RI Dan Perusahaan Jamu

Kota Batu Jawa Timur -  Anggota kelompok penjual jamu di Kota Batu yang tergabung dalam Komunitas Empu Jamu Malang-Batu menggelar Silaturahim dan buka puasa bersama di Warung Bumi Tani Sawah Rojo Rabu petang, 27/4/2022 yang dihadiri 10 dari 19 anggota.

Pada kesempatan tersebut diserahkan bingkisan tunjangan hari raya (THR) berupa peralatan kerja terdiri dari: 1 meja stainles steel, 4 buah panci stainless steel, 2 buah wajan stainless steel,  1 Blender., 40 lap/serbet dan 30 masker.

Salma Safitri, Koordinator Empu Jamu Batu mengungkapkan, "Bantuan alat kerja ini bertujuan agar produk jamu yang dihasilkan dapat lebih berkwalitas dan hiegenis".


Leya Cattleya, koordinator Pamong Jamu dari Jakarta yang ikut pertemuan ini secara virtual menyapa ibu-ibu penjual  jamu seraya menjelaskan bahwa bantual alat tersebut merupakan kerjasama Komunitas Empu Jamu dengan BPOMRI yang menggerakan perusahaan Jamu swasta yang tergabung dalam "Program Orang Tua Angkat" dari para ibu Jamu.

Bantuan yang diserahkan merupakan dukungan dari perusahaan Jamu untuk meningkatkan kwalitas produk ibu-ibu penjual Jamu agar lebih higenis. Ibu ibu jamu diharapkan berhati hati untuk tidak memasukkan Bahan Kimia Obat (BKO) yang berbahaya ke dalam jamu racikannya.

"Saya senang mendapatkan bantuan meja stainless dari Konimex, " kata Nur Hidayati, salah satu peserta yang menjual Jamu serbuk.


"Bantuan Ini sangat menunjang produksi Jamu instant yang saya buat, " lanjut ibu dua anak asal Desa Pesanggrahan yang menjual jamu sejak 2020 itu.

Beberapa perusahaan yang menyediakan bantuan ini, diantaranya PT Ultra Sakti, Kominex dll. Deddy, dari Konimex Malang yang mengirim bantuan berharap perusahaannya dapat ikut berkontribusi meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu jamu di Malang Batu melalui bantuan alat kerja.

Peran ibu Jamu sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat, terutama pada masa pandemi.  Bukan hanya sebagai penopang ekonomi keluarga, dan melestarikan kekayaan pengetahuan leluhur dalam mengolah empon-empon, produk jamu yang dibuat, baik bentuk cair maupun serbuk turut menjaga daya tahan tubuh konsumennya.


Kegiatan ini ditutup dengan Buka Puasa Bersama di Warung Sawah Rojo lokasinya berada di tengah sawah yang terletak di belakang Balai Kota Among Tani Kota Batu. (Erwin)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment