News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Forum Anak Mahasatu Kota Batu Mengadakan Berkah Ramadhan

Forum Anak Mahasatu Kota Batu Mengadakan Berkah Ramadhan

Kota Batu Jawa Timur – Forum Anak Mahasatu (Mahkota Anak Wisata Batu) sebutan resmi dari Forum Anak Kota Batu sejak tahun 2012. Forum Anak ini berdiri tahun 2011 bernama Forum Anak SCU (STAR CHILDREN UTAB). Dirasakan namanya kurang cocok akhirnya saat Konggres Anak Kota Batu tahun 2012 berkesepakatan untuk mengubah namanya menjadi Forum Anak Mahasatu dengan SK Walikota Nomor : 180/228/KEP/422.012/2012 tentang Pembentukan Tim Pengurus Forum Anak Mahasatu Periode 2012. Ditindaklanjuti membentuk Forum Anak tingkat kecamatan. Sedangkan untuk tingkat Desa/Kelurahan dengan membentuk Forum Anak tingkat Desa/Kelurahan se-Kota Batu. Untuk tingkat Desa anggarannya bersumber dari ADD (Alokasi Dana Desa) sebanyak 20% untuk PUG (Pengarus Utamaan Gender) dan PUHA (Pengarus Utamaan Hak Anak).


Forum Anak Mahasatu pada Sabtu (23/04/2022) telah mengadakan kegiatan Berkah Ramadhan Jilid ke-7 dengan tema Berlomba Meraih Kebaikan Di Bawah Langit Ramadhan, bertempat di Balai Pertemuan Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh pengurus Forum Anak Mahasatu periode tahun 2022 – 2024 yang telah terbentuk dengan SK Walikota Batu No. 188.45/83/KEP/422.012/2022 tertanggal (17/03/2022).

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan Rohmat As Zhari Prasetya, “Acara dapat berlangsung berkat kerjasama Forum anak Mahasatu dengan Forum Anak Angkasa Junior Desa Punten. Diawali dengan penampilan solo vokal dan tari-tarian dari Forum Anak Angkasa Junior Desa Punten, pembacaan ayat suci AlQur-an, laporan Ketua Tim Pelaksana, sambutan ketua TP PKK Desa Punten, sambutan Kepala Bidang PPA dari Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), penyerahan hadiah lomba Pildacil, Solo Vokal, dan Kaligrafi, penyerahan santunan untuk anak yatim piatu, tausiah Ramadhan oleh Juara 1 Pildacil tahun 2022 atas nama Alvina Dwi Rahmawati dari Forum Anak Mozaic Desa Bumiaji, dilanjutkan penampilan vokal oleh Forum anak Desa Punten dan acara diakhiri do’a penutup.”


Dalam sambutannya Alfian Kepala Bidang PPA DP3AP2KB Kota Batu menyampaikan bahwa Kegiatan Berkah Ramadhan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa saling mengasihi terhadap sesama khususnya Anak Yatim Piatu sesuai dengan Hadist Nabi yang mewajibkan kita untuk memelihara anak yatim dalam menyemarakan Bulan Suci Ramadhan. Tentunya, Allah SWT akan senantiasa melipat gandakan pahala bagi orang-orang yang mau berbagi kepada anak-anak Yatim-Piatu.

“Berkah Ramadhan merupakan kegiatan rutin Forum Anak Mahasatu, selama 2 tahun terakhir (2020-2021), acara ini tidak kami selenggarakan karena adanya pandemi Covid-19. Namun pada tahun ini, kami dapat melaksanakan kembali kegiatan ini mengingat angka Covid-19 di Indonesia sudah mulai mengalami penurunan. Sehingga kami sudah bisa berkegiatan meskipun dengan tetap mentaati protokol kesehatan, “ tambah Rohmat As Zhari Prasetya.


“Kegiatan ini berlangsung dengan sukses berkat kerjasama dan bantuan beberapa pihak antara lain DP3AP2KB, Pemerintah Desa Punten, Wakil Walikota Batu Bapak Punjul Santoso, Wakil Ketua DPRD Batu Bapak Nurrochman, Bu Emy (DP3AP2KB), Bank Jatim, PT Selecta, Gizi Food Kasiati, Papada Mart, dan berbagai pihak lainnya. Para pemenang lomba antara lain; Pildacil atas nama Alvina Dwi Rahmawati dari Forum Anak Mozaic Desa Bumiaji, Menyanyi Solo atas nama Krisendi Adela Pratiwi dari Forum Anak Mozaic Desa Bumiaji, dan Kaligrafi atas nama Aulia Zulfa Soraya P dari Forum Anak Mojorejo mereka mendapatkan sertifikat serta hadiah apresiasi, dan santunan untuk yatim piatu diberikan kepada sejumlah 25 anak. Tidak lupa kami menghaturkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan ini, “tutur Rohmat As Zhari Prasetya mengakhiri penjelasannya. (Erwin)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment