News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pembinaan Forum Kota Batu Sehat, Menyongsong Verifikasi Tingkat Provinsi Tahun 2022

Pembinaan Forum Kota Batu Sehat, Menyongsong Verifikasi Tingkat Provinsi Tahun 2022

Kota Batu Jawa Timur - Forum Kabupaten/Kota Sehat adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpatisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya. Kabupaten/Kota Sehat merupakan program unggulan yang sudah menjadi agenda dua tahunan Departemen Kesehatan. Program ini mencoba mengakomodasi dan mengkoordinasikan berbagai program di tingkat Kabupaten  atau Kota (dengan peran aktif masyarakat) sehingga dapat sinkron dan menjelma menjadi daya ungkit besar terhadap kriteria sehat pada segala sektor dan bidang.

Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Batu Jawa Timur, pada Selasa dan Rabu (01 s.d 02/03/2022) telah mengadakan kegiatan Pembinaan Kota Sehat dengan protocol Kesehatan. Bertempat di ruang rapat Bapelitbangda Balai Kota Among Tani Gedung A Lt 4. Untuk hari Rabu (02/03/2022) telah dihadiri 22 orang peserta terdiri dari perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang merupakan unsur Pembina, pengurus Forum Kota Batu Sehat, pengurus Forum Komunikasi Kecamatan (Forkom) dan Kelompok Kerja (Pokja) Desa Kelurahan. Tim Pembina dari OPD dengan Bappelitbangda sebagai Ketua, dan Dinkes selaku Sekretarisnya.


Dalam sambutannya Hayati  SST,MM Kabid (Kepala Bidang) Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Batu menuturkan, “Saya sampaikan selamat kepada pengurus Forum Kota Batu Sehat (FKBS) periode 2022 sd 2025. Semoga kepengurusan yang baru lebih bagus dan kompak. Tatanan yang kita ambil akan ikut verifikasi. Kekurangannya di tahun 2021, semoga tahun ini bisa kita selesaikan. Pengurus FKBS diberikan tugas untuk mewujudkan tatanan yang harus dibenahi dan diberikan tugas, semua tatanan yang membidangi (OPD terkait) agar melaporkan pembagian tatanan masing-masing dan berkoordinasi dengan siapa agar tahu kekurangnya supaya berkoordinasi dengan pembinanya. Kalau yang hadir penggantinya agar mencari informasi apa kota sehat. Jangan sampai tidak tahu prosesnya dimana dan bagaimana? Juga terimakasih kepada Forum Kecamatan dan Pokja yang telah datang aktif berkegiatan.


Ketua Forum Kota Batu Sehat S. Catur Wicaksono menyampaikan, “Mohon dukungan kepada Forum Kecamatan dan Pokja Desa/Kelurahan. Kota Sehat itu bukan lomba, tapi melaksanakan kegiatan dalam satu tahun, nantinya diverifikasi. Dokumennya akan sama dengan kegiatan lapangan. Jangan sampai membuat laporan memakai system kebut semalam. Kalau rencananya berjalan tahun 2022 ini akan diverifikasi tingkat Provinsi sekitar bulan Mei. Mari lengkapi semua dokumen kegiatannya mulai, absen, foto dan notulen. Dengan metode kegiatan upload di google drive. Kalau tidak tahu caranya kirimkan saja di grup pengurus. Nanti akan dibantu oleh tim Forum Kota Sehat. Ini akan jadi program unggulan dari kita. Mari perkuat administrasi kelembagaan, contoh foto kegiatan harus ada kejelasan kegiatannya, supaya menjadi dokumen besar agar bisa langsung dibaca. Mohon kepada Bappelitbanda dan Dinkes agar ada komunikasi yang akrab dengan mengadakan pertemuan informal. Ke depan Forum Kota Sehat akan menyiapkan Sekretariat mandiri di Bumi Tani Sawah Rojo. Nanti diagendakan selamatan. Ada kebun sayur organic sebagai kegiatan mandiri dari Forum Kota Batu Sehat.”


Sedangkan Esty Setya Windari S.KM. Kasi Kesling Dinas Kesehatan Kota Batu selaku pembawa acara menambahkan, “Kita akan mengadakan Study Tiru ke Kabupaten Banyuwangi Sehat, yang tahun 2021 satu-satunya Kabupaten di Jawa Timur yang lolos verifikasi tingkat nasional. Rencananya akan dilaksanakan tgl 25 s.d 26 Maret 2022, peserta yang boleh ikut minimal sudah divaksin 1 dan 2.” (Erwin)

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment